Review Seminar IT Security

Semarang (4/05) Internet Club mengadakan acara Seminar “IT Security” dengan tema How Hacker Works bertempat di Ruang D.62 Universitas Stikubank Kendeng Jalan Kendeng V Bendan Ngisor Semarang. Seminar ini diisi oleh empat narasumber yang telah mengerti bidangnya yaitu Anggi Elanda selaku Founder Serverhack Organization, Slamet Riyadi selaku Pengamat UU ITE, Galla Zulhy selaku Web Security, serta Mualiful Mizan selaku Diskominfo  IT Security.

Pembukaan diawali oleh Sambutan dari ketua UKM yaitu Davis Danendra Sumarno selanjutnya sambutan ketua acara seminar IT Security oleh Wira Dwi Susanto. Pembukaan juga diisi sosialisasi ICONCLASS oleh Uswatun Utami selaku koordinator ICONCLASS dan acara ini dipandu oleh dua MC yaitu Dilan Allya dan Artin Milleani

Sesi yang pertama disampaikan oleh Anggi Elanda selaku Founder Serverhack Organization dalam kesempatan kali ini beliau menjelaskan tentang Cyber Crime. Dimana Cyber Crime tersebut terdiri dari Domain / DNS Hijacking & Cyber Squatting, Web Deface, Credit Card Fraud, Virus Spam & Phising, Cyber Terorism, Data Privacy, IP Infringement, dan Cyber Pornography. Salah satu materi yang disampaikan yaitu mengenai Cyber Terrorism merupakan tindakan terror terhadap system computer, jaringan dan basis data dari informasi yang tersimpan dalam computer. Tak hanya itu, beliau menjelaskan bahwa secara umum hacker dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu White hat yaitu hacker yang beretika, hacker ini masuk dalam system untuk menunjukan system yang rentan dalam hal keamanan atau memberi awareness pada suatu celah system. Kemudian terdapat Black hat merupakan kebalikan dari White hat yaitu melakukan serangan dan pencurian data berbahaya yang dapat merugikan suatu pihak. Selain itu, beliau juga mengingatkan untuk  senantiasa beretika dalam internet. Disela – sela materi Anggi Elanda memberi sebuah kuis yang dapat diakses melelui sebuah link, yang ternyata link tersebut merupakan contoh nyata bagaimana Phising biasanya terjadi. Selanjutnya sesi kedua oleh Slamet Riyadi selaku pengamat UU ITE. Beliau menjelaskan apa saja yang dapat membuat kita terjerat pada UU ITE. Salah satunya terdapat pada UU no 11 tahun 2008 tentang UU ITE pasal 30 yang pada intinya, Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak tau melawan hukum mengakses Komputer atau system elektronik dengan cara apapun dengan tujuan untuk memperoleh informasi Elektronik dan atau dokumen Elektronik, serta dengan cara melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol system pengaman. Pelanggar UU ini dapat dikenai pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda 10 miliyar rupiah. Terdapat juga pasal 45B UU ITE yaitu setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan informasi elektronik atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut – nakuti yang ditujukan secara pribadi dapat dikenakan pidana kurungan penjara paling lama 4 tahun atau denda maksimal 750 juta. Sepatah kata terakhir pak Slamet Riyadi dalam sesi ini “Jempolmu Harimau-mu” bijak dalam menggunakan internet, bijak dalam membuat status di sosmed. Kemudian sesi terakhir yang dibawakan oleh dua pembicara sekaligus, Galla Zulhy selaku Web Security, dan Mualiful Mizan selaku Diskominfo IT Security. Kesempatan pertama oleh Mualiful

Mizan, beliau menjelaskan tentang apa itu IT Security. IT Security adalah sebuah keamanan siber yang mencegah akses ilegal dari hacker yang mencoba masuk ke dalam server, jaringan computer, ataupun data. Beliau juga menjelaskan fase – fase hacking, seperti footprinting, valuelability exploitation, privilege escalation, erase tracks, maintaining access, dan DDOS. Tak hanya itu, beliau juga mendemontrasikan secara langsung bagaimana cara exploit Microsoft ds (port 445). Kemudian untuk pembcara selanjutnya, Galla Zulhy menjelaskan tentang web hacking, salah satu poin yang dibahasa adalah mengenai XSS (Cross Site Scripting). XSS merupakan salah satu jenis serangan injeksi code. XSS dilakukan oleh penyerang dengan cara memasukkan kode HTML atau client script code lainnya ke suatu situs. Serangan ini akan seolah-olah datang dari situs tersebut. Terdapat dua jenis XSS, yaitu reflected nonperistant dan stored persistent. Tak sampai situ, beliau juga mendemontrasikan bagaimana cara menggunakan SQL Injection.

Setelah semua pemateri menyampaikan materi nya, MC mengajak peserta untuk bermain game Kahoot. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada pembicara. Peserta sangat antusias pada sesi ini dengan melontarkan pertanyaan – pertanyaan kepada seluruh pembicara. Diakhir acara ada pemberian hadiah kepada para peserta, serta pembagian kenang-kenangan dari Internet Club kepada pembicara, yang kemudian dilanjut dengan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *