Kegiatan Pelatihan Web Berbasis E-Commerce Menggunakan Joomla

PhotobucketPhotobucket
Tanggal 15 April 2009

Pagi itu jam delapan kurang 5 menit di depan IC sudah banyak panitia Pelatihan Joomla yang memakai baju hitam dan telah bersiap untuk melakukan aktivias kepanitian untuk mendukung suksesnya acara pada hari itu. Setelah semua persiapan seperti kesiapan Lab yang dijadikan tempat pelatihan termasuk computer dan viewer telah siap, bagian reservasi tiket peserta telah standby, konsumsi ready dengan seabrek logistic yang siap dibagikan pada waktunya, instruktur dan asisten pun demikian, maka kami mengadakan briefing sebagai cheking persiapan kepanitian yang terakhir sebelum kegiatan dimulai, yang membahas tentang kekurangan dari persiapan yang ada.
Kurang lebih lima belas menit membahas ini, itu dan sebagainya akhirnya kami simpulkan kegiatan pelatihan siap dimulai. Dan sebagai penutup briefing kami berdoa memohon semoga kegiatan kami diberikan kelancaran dan sukses.

Tiba waktunya jam Sembilan peserta telah banyak berdatangan meskipun banyak pula yang belum datang, karena menurut laporan dari bagian ticketing yang telah mencatat nama-nama peserta yang sudah membeli tiket, seharusnya akan ada 30 peserta yang mengikuti pelatihan.

Dari ketua panitia menghimbau kepada instruktur dan asisten agar pelatihan diadakan lebih lambat 10 menit dari jadwal yang telah disepakati, hal ini ditujukan untuk menghormati peserta lain yang belum datang. Setelah tenggat waktu yang diberikan telah habis, akhirnya pelatihan dimulai pada pukul 9 lebih 10 menit. Materi yang disampaikan pada hari pertama pelatihan web berbasis e-commerce ini adalah tentang pengenalan CMS secara umum dan Joomla sebagai inti dari pengenalan karena memang pada pelatihan kali ini kita menggunakan Joomla untuk membuat Website yang Berbasis E-Commerce.

Selain itu materi yang disampaikan adalah cara install Joomla secara offline, dan sampai posting artikel dan pengaturan lainnya yang bisa digunakan untuk mempercantik web seperti halnya merubah template. Kegiatan ini terhitung terbilang lancar dan berhasil meski ada 1 peserta yang tidak bisa hadir karena ada kesibukan tentang persiapan UNAS di sekolah yang beliau tempati. Dan beliau izin kepada panitia untuk tidak bisa mengikuti pelatihan Joomla kali pertama yang diadakan oleh Internetclub berdasarkan keterangan beliau sendiri ketika dihubungi oleh bagian ticketing.

Pelatihan hari itu ditutup pada jam 1 siang dan akan dilanjutkan lagi pada hari jum’at tanggal 17 dengan materi lanjutan yang telah dijadwalkan.

Tanggal 17 April 2009

PhotobucketPhotobucket

Pagi itu panitia kembali telah bersiap seperti hari sebelumnya. Tapi sebelumnya pada kamis sore panitia juga mengadakan pengoloran kabel dari sekretariat Internetclub ke lantai laboratorium lantai 4 unisbank yang akan digunakan untuk koneksi internet, karena memang sebagai materi lanjutan dari hari sebelumnya web yang offline akan di onlinekan. Maka materi yang akan disampaikan pada hari kedua itu adalah tentang cara hosting, oprek web yang telah disiapkan oleh mas Jirji sebagai salah satu instruktur, dan tak kalah pentingnya adalah mengenai SEO ( Search Engine Optimation) dan settingannya, yang berfungsi mengoptimalkan penggunaan search engine dalam pencarian web yang telah kita buat sehingga web akan mudah ditemukan dan dapat diakses dengan cepat.
Seperti hari sebelumnya tapi sesuai jadwal yang ada pelatihan dimulai jam 9 tepat, kegiatan pelatihan ini mempunyai kendala yang sama yaitu computer yang super lemot atau lola *loading lama*. Sehingga membuat sebagian peserta ada rasa kecewa terutama ketika harus mengupload ke internet..wuuuih yang jelas butuh kesabaran tinggi. Hal ini terbukti dari beberapa peserta yang menyatakan keluhan kepada panitia secara langsung maupun lewat kertas saran dan kritik yang intinya tentang kendala computer yang kurang representative.
Pelatihan kali ini dijeda untuk melaksanakan sholat jum’at mulai jam setengah 12 sampai jam 13 siang. Sesuai dengan perhitungan panitia, Pelatihan Web Berbasis E-Commerce ini berlangsung 8 jam dibagi menjadi 2 hari, sehingga akan ada 4 jam untuk pelatihan setiap harinya. Maka untuk hari ini karena ada jeda untuk sholat jum’at selama 1 setengah jam maka pelatihan yang akan dimulai jam 1 siang akan berakhir pada jam setengah 3.
Setelah semua materi yang disampaikan dari hari pertama sampai hari kedua itu telah selesai maka meski pelatihan ditutup pada jam setengah 3 pada lab J yang dipandu oleh Adit, peserta masih diperkenankan untuk mengimprovisasi dan mengimplemntasikan pada web yang bisa dioprek secara bareng-bareng.
Beda dengan lab I yang dipandu oleh mas Jirji pelatihan ditutup pada pukul 3. The last but not the least ini untuk para panitia karena masih akan ada evaluasi dan bersih-bersih masal yang merupakan kode etik Internetclub mengembalikan barang maupun yang dipinjam “berasal dari bersih menjadi bersih”. dan ada banyak saran masukkan dari peserta yang pada intinya:

  • Lobby lab yang lebih memadai
  • Dilarang meremehkan urusan yang kecil karena akan berakibat pada urusan yang besar besar

Terima kasih.

3 thoughts on “Kegiatan Pelatihan Web Berbasis E-Commerce Menggunakan Joomla

  1. IC memang is the best deh, semoga kegiatan- kegiatan yang akan datang lbih heboh, dahsyat, berkualitas, SULSES BWAT IC !!!!! ^_^ Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *