Belajar Etsy Dari yang Ahli

Semarang, 30 Januari 2020. Halo Netters, kali ini Internet Club mendapatkan undangan dari Energi Bangsa untuk sharing belajar tentang Etsy. Kita diundang ke kantor nya Energi Bangsa yang terletak di Jl. MH Thamrin, Miroto, Kota Semarang. Selain dari anggota Internet Club, ada juga peserta yang datang dari Kudus yaitu Kak Zaki dan Kak Misbah. 

 

Sebelum acara sharing dimulai, acara diawali dengan sambutan dari salah satu anggota Internet Club yaitu Kak Wafi Arifin. Kak Wafi Arifin menyampaikan rasa terima kasih dari Internet Club kepada Energi Bangsa karena telah mengundang Internet Club untuk mengikuti acara sharing tentang Etsy. Selanjutnya perkenalan dengan pembicara yaitu Kak Tubagus Ismail dan moderator Kak Yanuar Aris Budiarto dari Energi Bangsa yang akan membawakan materi seputar berwirausaha di dunia online dan Etsy. Etsy sendiri merupakan marketplace alias pasar online bagi para perajin berbagai produk kerajinan tangan, dari lukisan abstrak, aksesoris perak, sweater rajutan, hingga ukiran kayu dll. 

Kak Bagus menjelaskan tentang bagaimana mendapatkan penghasilan dari dunia online secara cepat seperti menjual barang ataupun jasa dan penghasilan dalam waktu lama atau butuh proses lama seperti blogging ataupun youtuber. Kak Bagus juga menjelaskan cara berjualan online tanpa perlu memiliki barang untuk dijual terlebih dahulu dengan cara Drop Shipping. Selain Etsy beliau juga memberikan beberapa referensi platform untuk berjualan online seperti Freelance.com dan Fiverr.com. 

Setelah Kak Bagus selesai menjelaskan mengenai berwirausaha di dunia online, Kak Aris kemudian membuka sesi tanya jawab. Di sesi tanya jawab ini, para peserta sangat berantusias untuk bertanya baik dari anggota Internet Club maupun peserta dari Kudus. Beberapa pertanyaan antara lain dari anggota Internet Club seperti, Bagaimana berjualan online yang tepat sesuai dengan kalangan pemuda?, Apa saja barang atau jasa yang dapat dijual di Etsy?, Kepercayaan kita terhadap pihak Dropshipping yang ada di luar negeri?, dan juga pertanyaan dari peserta dari Kudus antara lain Siapa dari mana saja yang dapat melakukan penjualan maupun pembelian dari Etsy?. Semua pertanyaan itu dijawab oleh Kak Bagus dibantu Kak Aris sebagai moderator. 

Kak Bagus juga memberikan tips untuk berwirausaha di dunia online, antara lain produk atau jasa yang ingin dijual, riset terlebih dahulu, target pasar yang akan dipilih, platform apa yang dipakai, dan yang terakhir strategi marketing yang digunakan. Dari hasil usaha online ini, Kak Bagus bisa mendapatkan omset penghasilan sampai 1 milyar per tahun.

Itulah sedikit hasil sharing yang dapat Internet Club ceritakan dalam kunjunganya ke Energi Bangsa. Gimana menurut kalian? Sangat bermanfaat kan!!!. Demikian kunjungan Internet Club kali ini. Jangan sampai ketinggalan dengan cerita kita selanjutnya ya… Sekian dan terus semangat. IC… YES!!!

Link Website Energi Bangsa : https://energibangsa.id/

Link Website Etsy : https://www.etsy.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *