mencari sponsor

TIPS & TRIK DALAM MENARIK PIHAK SPONSOR

Dalam bertindak perencanaan sangat lah penting, karena tanpa perencanaan hal yang akan ditindak lanjuti akan berjalan berantakan dan berakibat kegagalan. Maka dari itu sebelum kita berjalan lebih lanjut mari kita susun rencana agar produk dari  kita berhasil dan menarik pihak calon sponsor.mari simak tips dan trik dalam menarik pihak sponsor.

1.Susun sponsor yang di tuju.

Dalam tips kali ini kita meyusun pihak pihak sponsor apa saja yang ingin di tuju. Oke dalam pihak sponsor yang ingin di tuju kita bisa mengenal terlebih dahulu karakteristik dan produk yang mereka tawarkan dan dari situlah kita bisa menilai bahwa sponsor tersebut sesuai dengan tema acara kita dan mereka bisa merasa terbantu dalam pemasaran.

dan susun lah sponsor yang lebih mendekati dengan tema acara kalian atau tidak  produk dari mereka bisa menarik bagi peserta di acara kita.

Nah untuk mencari list sponsor bisa bermacam cara melalui internet dengan masuk ke web calon sponsor, atau bisa cari umkm yang berada di wilayah sekitar kita dan bisa juga saudara yang memiliki usaha yang kita bantu dalam pemasarannya.

2. Posisikan diri sama dengan calon sponsor.

Dalam memposisikan kita terlebih dahulu paham dan mengerti isi proposal yang akan kita sampaikan kepada pihak sponsor. dan berikanlah sisi positif  mulai dari pembicara tempat banyak peserta dan saya berpesan jangan terlalu membual agar mendapatkan sponsor. dan janganlah terlalu merendah karena ingin dibantu yang membuat sangat rendah dan terlalu dimanfaatkan dengan  oleh pihak sponsor

3.Proposal

Membuat lah proposal yang menarik bagi pembaca. Sampaikan bahasan bahasan mulai dari  rundown, tempat dan tanggal acara, pembicara,target peserta, dan pengelompokan  kelas sponsor yang akan membantu acara kita sesuai dengan apa yang akan di  berikan di acara kita.

4. Mngenal kan organisasi kita.

kita harus menyiapkan suatu diskripsi singkat tentang organisasi kita agar calon sponsor mengetahuinya. Kuasai juga seluruh isi kegiatan yang akan kita adakan agar dapat lebih lancar saat presentasi ke calon sponsor. Selain itu, carilah juga kelebihan dari “produk” kita yang dapat mendatangkan manfaat bagi calon sponsor. Manfaat yang dimaksud disini tidak hanya dalam bentuk lakunya produk sponsor saat acara kita berlangsung (jangka pendek) tapi bisa juga mendapat manfaat yang sifatnya jangka panjang. Contohnya: dapat meningkatkan citra calon sponsor di mata konsumen, dapat melakukan promo produk

5. Mengenal Dengan Baik Calon Sponsor

Kita pelajari dulu profil calon sponsor baik itu dari visi, misi, produknya, kegiatan CSR nya, dll. Profil tersebut dapat kita dapatkan dengan mencari di internet,  melalui teman, dll. Carilah celah yang dapat menimbulkan kesamaan antara profil calon sponsor dengan karakteristik organisai atau kesamaan dengan karakteristik acara kita. Contoh: suatu bank syariah baru-baru ini meluncurkan produk gadai emas sementara tema kegiatan kita ada hubungannya dengan penggunaan emas juga, suatu instansi mempunyai program CSR untuk membantu pengembangan pendidikan di Indonesia sementara tema kegiatan kita ada hubugannya dengan pengembangan pendidikan di Indonesia.

6. Penampilan

Kesan pertama yang akan di tangkap oleh calon sponsor ketika berinteraksi dengan kita adalah dari penampilan (cara berpakaian). Perhatikan cara berpakaian kita ketika berinteraksi dengan calon sponsor.

7. Tampilkan data data

Untuk meyakinkan pihak sponsor kita memberikan data data yang valid dan perkembangan acara kita yang sudah maupun yang ingin di realisasi. Sampaikan juga pembicara yang akan mengisi yang bisa membuat acara menjadi meriah dan berikan juga berapa penggemar pembicara yang membuat pihak sponsor yakin mendukung acara kita.

8.Berdoa

Setelah kita berusaha sekuat tenaga dan kita hanya berpasrah dan berdoa agar cara berjalan lancar dan pihak sponsor dapat membantu acara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>