Tips Agar Terhindar dari Cyberbullying

Sebelumnya pasti kita sudah sering mendengar istilah cybercrime dalam dunia internet. Cybercrime adalah merupakan suatu kejahatan yang dilakukan oleh seseorang melalui dunia maya. Lalu kemudian ada lagi istilah lainnya yang dinamakan dengan cyberbullying, ini juga merupakan bagian dari kejahatan dunia maya namun lebih mengarah kepada norma, etika, dan kesopanan di dunia internet. Kita pasti pernah melihat status-status pada situs jejaring sosial yang kalimatnya berbau menyudutkan seseorang dan dengan menggunakan nada-nada kasar yang megarah ke penghinaan pada orang yang lainnya. Karena secara tidak langsung kegiatan cyberbullying ini merupakan salah satu kegiatan yang bisa dibilang tidak terpuji karena sudah mengumbar aib ataupun melakukan penghinaan dan itu secara otomatis dilihat oleh banyak orang. Sehingga secara langsung reputasi orang yang jadi korban cyberbullying bisa jadi akan di respon buruk oleh siapa saja yang kebetulan melihat aktifitas buruk tersebut.

Pada dasaranya kegiatan cyberbullying ini bisa dikatakan adalah sebuah permasalahan pribadi antara pelaku dan korban yang semestinya tidak perlu di umbar ke khalayak umum karena pastinya nanti akan merugikan kedua belah pihak. Lalu bagaimana agar nantinya kita tidak menjadi korban cyberbullying ini. Ada beberapa tips yang mungkin bisa kita terapkan agar kita bisa terhindar dari kegiatan cyberbullying.

1.       Bersikap santun dan baik di Internet

Komunikasi yang terjalin baik nantinya akan menghasilkan interaksi yang baik pula antar pengguna internet, karena ketika kita sudah bersikap baik suasana haromonispun akan tercipta dengan sendirinya.

2.       Melindungi data-data pribadi

Informasi yang sudah terpublish di internet secara langsung akan mudah tersebar pada saat itu juga, jadi tetap selalu jaga data-data tentang kita dan jangan selalu mengumbar profil diri kita lebih jauh. Karena nantinya kita juga tidak tahu data-data yang kita sebar bisa saja di salahgunakan oleh orang lain.

3.       Jaga emosi kita

Biasanya si pelaku akan memancing kita dengan kata-kata yang sekiranya menyinggung perasaan. Jadi semisal kita yang jadi sasaran tersebut, tetap tanggapi saja dengan kepala dingin. Karena pancingan tersebut malah bisa saja menjerumuskan diri kita sendiri nantinya.

4.       Simpan bukti-bukti serangan dari pelaku

Pelaku tidak hanya menyerang dengan perkataan, biasanya pelaku juga menyerang dalam bentuk video maupun audio. Jika bukti-bukti tersebut dirasa tidak benar karena kita merasa jadi korban segera amankan bukti-bukti penyerangan tersebut. Suatu hari nanti bisa saja bukti-bukti tersebut malah menyelamatkan kita dari korban cyberbullying.

5.       Blokir pelaku cyberbullying

Jika kita yang menjadi korban cyberbullying segera blokir pertemanan kita dengan pelaku, ini merupakan salah satu cara sederhana agar nantinya kita tidak akan contact-contactan kembali dengan pelaku. Jika pelaku tersebut kebetulan berteman dengan kita di sosila media.

6.       Laporkan tindakan cyber (Cybercrime/Cyberbullying)

Jika dirasa memang tindakan cyber yang kita jumpai sudah sangat mengganggu aktifitas kita di dunia maya, segera saja laporkan tindakan cyber tersebut kepada hukum, agar nantinya segera diproses dan pelaku juga segera mendapatkan hukuman setimpal atas perbuatannya.

Sejatinya internet merupakan tempat wadah untuk sharing berbagai pengalaman dan informasi jadi jangan biarkan kejahatan mengganggu kegiatan berkomunikasi di internet jadi buruk. Mari cegah kegiatan cybercrime maupun cyberbullying. :D

Sumber gambar : Google

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>