Study Banding ke Warta Jateng

Selain aktif dengan berbagai kegiatan, Internet Club juga memiliki sebuah majalah Cyber Media. Cyber Media merupakan majalah yang mengupas tentang teknologi. Untuk menunjang kualitas dan SDM majalah, maka pada Rabu 21 Desember lalu Internet Club mengadakan study banding ke kantor redaksi Warta Jateng, Jl. Menteri Supeno 30 Semarang. internet club

kunjungan tersebut merupakan bagian dari program Cyber Media. Selain untuk berbagi informasi dan pengalaman kepenulisan, kunjungan ini juga untuk melihat secara langsung proses pembuatan surat kabar.

Rombongan diterima oleh redaktur Warta Jateng, Ignatius Prayoga. Di ruang pertemuan beliau juga menjelaskan secara detail dari proses mencari berita hingga menjadi bentuk surat kabar. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh internet club. Mulai dari cara membuat artikel berita yang menarik, surat kabar yang interaktif, marketing, surat kabar online dan lain sebagainya. Beliau juga mengatakan “Untuk memulai sebuah penerbitan media berkala beberapa tahapan yang perlu ditempuh adalah menentukan siapa yang akan menjadi calon pembaca media, mengfokuskan media, serta memberikan berita yang informatif”. Selain penjelasan tentang media cetak juga dijelaskan tentang surat kabar online, yang diperlukan adalah full updating, continue, dan simple.

Setelah diskusi singkat, rombongan di ajak berkeliling ke ruang kerja Warta Jateng sembari dijelaskan proses pencarian berita,editing hingga ke bagian layout. “layouter yang berpengalaman sangat dibutuhkan, karena tampilan surat kabar yang menarik sangat berpengaruh kepada minat pembaca. Selain itu, layouter muda juga memberikan ide-ide tampilan yang lebih fresh”, ujar pak Yoga.

Cetak Koran kebetulan di produksi di tempat lain, sehingga rombongan tidak dapat melihat proses produksinya.

Kunjungan ini berakhir dengan penyerahan cinderamata ke perwakilan Warta Jateng. Terimakasih untuk Warta Jateng, semoga kunjungan ini bermanfaat.

One thought on “Study Banding ke Warta Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>