Study banding transkip softskill

Hari Rabu tanggal 09 februari 2011 Internet Club bersama Universitas Stikubank Semarang didampingi oleh Pembantu rektor I dan III dan bidang kemahasiswaan melakukan studi banding ke Institut Teknologi Telkom yang berada di alamat Jln Telekomunikasi, Terusan Buah Batu, Bandung, Jawa Barat. Tema yang diangkat adalah mengenai Transkip soft skill atau TAK (Transkip Akademik Kemahasiswaan). TAK adalah ukuran aktivitas intra/ekstra kurikuler mahasiswa. Tujuannya adalah membekali mahasiswa tidak hanya memiliki kompetensi dalam bidang akademik namun juga memiliki kemampuan softskill, dan TAK ini sudah diterapkan oleh IT Telkom sejak tahun 2007.

Sebelum benar-benar diterapkan ternyata pihak kampus melakukan riset mengenai kualitas lulusan Perguruan Tinggi yang diharapkan di dunia kerja. Ternyata hal yang paling utama dibutuhkan adalah kemampuan berkomunikasi, dan IP (Indeks Prestasi) berada pada urutan ke 17, jauh dari urutan peringkat atas. Sadar atas pentingnya soft skill pihak kampus (IT Telkom) memberlakukan beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh para lulusan IT Telkom, diantaranya adalah:
* Leadership
* Komunikasi
* Cepat Beradaptasi
* Cepat Mandiri
* Percaya Diri yang cukup
* Kesehatan yang prima

Sejak diterapkannya sampai sekarang ternyata TAK membuat dampak yang positif untuk mahasiswanya. Beberapa hal yang sudah terlihat adalah saat ini:
* Termotivasi duduk dalam panitia acara dan pengurus organisai
* Kegiatan ilmiah semakin dimnati
* Kegiatan menulis ilmiah semakin populer
* Kesadaran hidup sehat meningkat
* Kualitas Kuantitas kegiatan mahasiswa menjadi lebih baik
* Kehidupan kampus dan sekitarnya semakin semarak.

Selain TAK dipaparkan juga hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan softskill. Perbandingan prosentase ideal hardskill dan softskill adalah 80% softskill dan 20% hardskill. Meski hardskill memiliki prosentase jauh lebih sedikit namun tidak boleh ditinggalkan, karena tetap merupakan hal yang penting. Kemampuan utama yang penting untuk dimiliki adalah:
1. Leadership
2. Teamwork
3. Communication
4. Innovation
5. Entrepreneurship

Bagi yang sudah aktif dalam kegiatan organisasi akan jauh lebih baik jika kita berorganisasi bukan termotivasi karena pencapaian sebuah nilai, namun berorganisasi dengan ketulusan hati, semangat belajar untuk menjadi lebih baik. Nantinya yang akan merasakan manfaatnya juga kita :) Apa yang sedang kita lakukan dalam organisasi sekarang merupakan langkah pendewasaan diri dan pembelajaran untuk terjun di dunia kerja sebenarnya. SEMANGAT!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>