Sponsorship Event

Selama ini kita sering mendengar istilah marketing pada perusahaan-perusahaan atau instansi baik milik negara maupun swasta yang membutuhkan atau sedang melakukan marketing. Sebenarnya apa sih pengertian dari marketing? mengapa harus bermarketing?


Marketing merupakan proses komunikasi yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai dari suatu produk tertentu. Produk itu tidak selalu berupa barang yang bisa dilihat oleh mata manusia, bisa aja produk berupa jasa, event dan lain-lain. Dalam marketing ini kita tidak langsung menawarkan produk pada konsumen/target sponsor dengan tangan kosong tetapi ada proses dan persiapannya terlebih dahulu misalnya membuat proposal sebagai salah satu sarana untuk penggambarkan produk yang kita tawarkan. Setelah proposal selesai dibuat, proposal tersebut langsung bisa ditawarkan kepada calon sponsor namun, dalam realitanya penawaran kerjasama melalui sponsorship tersebut jarang langsung bisa diterima oleh calon sponsor. Karena dalam presentasenya, 80% proposal yang di tolak (rejection) dan 20% proposal yang diterima. Oleh karenanya diperlukan suatu penawaran (lobbying) agar tujuan kita untuk menjalin kerjasama dengan calon sponsor lebih mudah tercapai. Untuk dapat mempelajari bagaimana tahap-tahap dalam pembuatan proposal, lobbying (penawaran), sampai tahap bagaimana menyikapi penolakan (rejection) dari calon sponsor, silahkan download saja di link ini

Baca Selengkapnya disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>