Liputan Event SEA CHANGE 2012

SEA CHANGE 2012 “Social Entrepreneurship Action For  Change” inilah tema acara yang diadakan oleh AIESEC Undip  pada Sabtu, 4 Februari 2012 di vina house 3rd Floor.  Peserta yang datang berasal dari berbagai komunitas diantaranya dari AkberSMG, Dotsemarang, Internet Club, Loenpia, dan juga dari beberapa SMA di kota Semarang.

Acara ini ditampilkan secara live streaming dari 5 kota lain di luar Semarang sekaligus, antara lain dari padang, Jakarta, Bandung, Malang, dan Surabaya.

Ada beberapa pembicara untuk acara ini. Pembicara pertama ada pak iliksAs dari Jaringan Rumah Usaha, Abdullah Syafii dari JFX (Jakarta Future Exchange) dan Kepala sekolah SLBN Semarang.

Hiburan di awal acara disuguhkan oleh Bintang Negara dari SLB Negeri Semarang.  Walaupun mereka memiliki keterbatasan pendengaran (Tunarungu) namun “Bintang Negara”  mampu  menampilkan tarian yang indah  yang mampu memukau peserta.

Pak Ilik yang merupakan Founder dari Jaringan Rumah Usaha  menceritakan pengalaman berusaha dari para anggota JRU. Dan ada 2 modal bisnis yang utama yang beliau paparkan, pertama adalah mengetahui kompetensi, dan yang kedua adalah karakter diri. Untuk awalan mari berkomunitas yang bisa kita gunakan untuk menaikkan pergaulan, ruang dan intelektual. Tidak hanya bergaul namun apa yang bisa kita serap dari pergaulan kita. Begitu banyak ruang untuk kita masuki namun biasanya kita tidak berani untuk memulainya, maka diharapkan mulai sekarang beranikan diri untuk masuk terlebih dahulu. Dan yang terakhir peningkatan  intelektual dengan seringnya kita berkumpul dengan orang-orang dan tentu saja banyaknya apa yang kita baca. “Dalam berbisnis sendiri yang paling susah adalah bertarung melawan paradigma diri sendiri, bernyali namun tetap bertahan dan yang tak kalah penting jadilah yang otentik/ original” begitulah ulasan Beliau.

Dari JFX (Jakarta Future Exchange) memberikan beberapa tips cara investasi yang benar.  Bertransaksi dengan broker resmi, memahami dulu produk sebelum memutuskan investasi dan masih banyak lainnya.

Bapak Ciptono selaku Kepala Sekolah SLB Negeri Semarang beserta murid – murid memberikan inspirasi bagaimana orang yang mempunyai kekurangan sekaligus kelebihan.  Tidak perlu dikasihani namun cukup beri mereka kesempatan untuk menunjukan karya mereka. Dalam acara tersebut mereka juga menunjukkan kemampuan untuk usaha yaitu penjualan gantungan kunci dari kain flanel  serta sketsa wajah tercepat yang meikat peserta.

2 thoughts on “Liputan Event SEA CHANGE 2012

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>