SD Siliwangi 02 Antusias Ikuti Penyuluhan Internet

Salam sejahtera bagi kita semua.  Kembali lagi Internet Club (IC) dengan kegiatan rutinnya yaitu IG2S, yang tiap minggunya diadakan kurang lebih 2 kali dan bekerja sama dengan Telkom Indonesia.  Tepatnya pada hari Jumat, 29 Juli 2011 jam 10.00 WIB yang bertempat di SD Siliwangi, Jl. W.R Supratman.

Kegiatan IG2S kali ini, sangat berbeda dengan IG2S yang sudah sering terlaksana.  Karena IG2S di akhir bulan Juli kemarin pesertanya berasal dari anak-anak SD kelas 5-6.  Saat pertama kali Mobil Internet masuk ke halaman SD Siliwangi 02, para siswa sudah begitu terlihat antusias untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang keberadaan Mobil Internet di sekolahan mereka.  Bahkan saat persiapan pun siswa-siswi SD sudah bergerombol dan mengerumuni tempat dimana akan diadakan pelatihan internet dasar.

Walaupun hanya bertempat sederhana (lesehan) spaise yang kecil di sudut lapangan SD Siliwangi 02 dan keterbatasan laptop yang di persiapkan, tetapi semua itu tidak mengurangi niat para siswa-siswi ini untuk belajar internet dasar bersama Telkom Indonesia dan team IG2S.  Saat menunjukkan pukul 10.00 WIB, acara segera saja dibuka dengan perkenalan team IG2S pada siswa-siswi SD, setelahnya acara berlanjut pada pembelajaran internet dasar dan membuka situs-situs yang cocok untuk metode pembelajaran mereka.

Disela-sela acara agar tidak membosankan, instruktur melempar pertanyaan kepada adik-adik SD, seberapa jauh sih mereka mengenal internet selama ini? Waw… dan jawabannya pun cukup mengesan untuk Instruktur, karena mereka sebetulnya sudah mengenal beberapa jejaring sosial seperti FB, Twitter, Blog.  Bahkan sebagian besar dari mereka juga sudah mempunyai dan mulai menggunakan jejaring sosial tersebut.  Selain jejaring sosial tersebut, game online juga menjadi favorit mereka, dan google untuk mencari tugas makalah dari bapak/ibu guru.  Namun mereka mengatakan setiap membuka internet, hanya jejaring sosial itu saja yang dibuka dan belum menggunakan internet untuk media pembelajaran mereka karena belum tahu situs apa yang akan dibuka.

Setelah kira-kira acara berjalan setengah jam dan membuka situs-situs belajar untuk anak-anak SD, seperti invir.com, duniabelajar.com, translate.google.co.id, acara bertambah seru dengan  adanya pengerjaan soal matematika SD kelas 6 dan menebak game perbedaan waktu di Indonesia.  Karena didalam game edukasi tersebut langsung disertakan koreksi dari jawaban-jawaban mereka.

Tak terasa sudah pukul 11.00 WIB, dan team IG2S harus menyudahi pembelajaran internet dasar ini, karena adik-adik SD juga sudah waktunya untuk pulang sekolah.  Dengan adanya Internet Mobil ini, siswa-siswi SD Siliwangi 02 beserta bapak dan ibu gurunya memberikan respon yang sangat positif dan sangat senang sekali, bahkan kalau ada kesempatan lagi mereka masih mau menerima pembelajaran/ materi-materi internet yang cocok untuk mereka.

Semoga kegiatan ini terus berkelanjutan di sekolah-sekolah lain untuk berbagi pengalaman atau ilmu di dunia internet, agar tidak ada penyalahgunaan internet di usia dini dan membentuk pemikiran yang lebih modern namun tetap yang positif dan sejalur dengan kemajuan pendidikan di Indonesia.

Aminnn… (^_^)

Sampai ketemu di kegiatan IG2S selanjutnya……

by: Ngesti

2 thoughts on “SD Siliwangi 02 Antusias Ikuti Penyuluhan Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>