Seminar Nasional Blockchain

Review Seminar Nasional Blockchain

Semarang (07/10) Internet Club mengadakan acara Seminar Nasional “Let’s Make Your Own Bitcoin with Blockchain Technology” bertempat di Ruang D.62 Universitas Stikubank Kendeng Jalan Kendeng V Bendan Ngisor Semarang. Seminar ini diisi oleh dua narasumber yang telah mengerti bidangnya yaitu Ahmad Sofyan sebagai Blockchain Developer dan M. Deivito Dunggio beliau bekerja sebagai Lead Consultan Indodax.
Pembukaan dimulai dengan doa dan menyanyikan lagu oleh kak Fany selaku anggota Internet Club serta MC yang sangat berbakat di bidangnya yaitu kak Khris dan kak Luthfia juga selaku anggota Internet Club kemudian ada sambutan Presiden Internet Club kak adri kemudian juga selaku ketua acara seminar nasional blockchain kak Davis tak lupa juga sosialisasi icon class yang dibawakan oleh kak ammar dan kak Yan.

Materi yang pertama disampaikan oleh M. Deivito Dunggio, beliau menjelaskan tentang blockchain dan crytocurrency. Bahwa blockchain ditemukan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto membuat situs bitcoin.org. Blockchain merupakan mata uang digital yang bersifat peer to peer yang terdsentralisasi namun blockchain server dipegang para pengguna dan data tersebut tersimpan selamanya gak bisa diubah cara mendapatkan bitcoin juga bisa melalui daftar di indodax.

Disela materi pak M. Deivito Dunggio membagi 7 buku kepada 7 orang yang sebelumnya pernah verivikasi akun indodax kemudian Acara ini juga diramaikan oleh band dari Kandank Musik Unisbank Semarang menyanyikan beberapa lagu untuk menghibur peserta.

Selanjutnya materi yang disampaikan oleh narasumber yang kedua yaitu Ahmad Sofyan menjelaskan tentang teknik blockchain serta implementasinya yaitu Rantai blok Bitcoin (Blockchain) adalah kombinasi cerdas antara dua hash berbasis struktur data yang berbeda. Struktur data hash rantai blok. Setiap blok mempunyai header blok, hash pointer yang menunjukkan data beberapa transaksi, dan hash pointer yang menunjukkan urutan blok sebelumnya. Kemudian pohon struktur data masing-masing blok dari keseluruhan transaksi yang telah masuk kedalam blok. Struktur data ini adalah Merkle Tree. Dengan Merkle Tree ini, bisa memperoleh digest (inti) keseluruhan transaksi dengan jalan yang lebih efisien. Di bagian header, sebagian besar berisikan informasi yang berhubungan dengan puzzle di pertambangan Bitcoin. Hash dari header blok ini, harus dimulai dengan sejumlah deret angka “nol” agar bisa menjadi blok yang valid. Selain itu, header juga berisi “nonce” sehingga para penambang bisa mengubah time stamp, dan juga “bit”. Ini merupakan indikasi tingkat kesulitan blok untuk bisa ditemukan. Diatas kita lihat transaksi coinbase. Harap diperhatikan bahwa “coinbase” di sini bukan berarti sebuah wallet atau exchanger Bitcoin. Coinbase yang dimaksud disitu adalah nama yang dipakai dalam proses pengimputan transaksi Bitcoin Transaksi coinbase membuat koin bitcoin baru. Sehingga tidak ada penebusan output sebelumnya. Memiliki pointer hash “nol”.

Setelah pembicara kedua menjelaskan teknik blockchainserta implementasinya lalu mengadakan diskusi panel atau yang disebut sesi tanya jawab dilakukan, banyak sekali dari para peserta yang bertanya. Satu per satu dari pertanyaan yang dilontarkan dari para peserta pun dijawab oleh pak Ahmad Sofyan maupun pak M. Deivito Dunggio tak luput juga dikahir acara kita mengadakan game kahoot membuat para pserta membuat gelak tawa dan membuat suasana semakin seru serta pembagian hadiah dan kenang kenangan untuk pembicara kita Seminar ini di dukung oleh Qwords.com, Bank BTPN, Kawaii Cokelat, dan masih banyak lagi. Menarik bukan? Sampai jumpa di acara Internet Club selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>