Pelatihan Web Service

REVIEW PELATIHAN WEB SERVICE “Building a Simple REST API in PHP”

Semarang(23/9) diadakan pelatihan Web Service “Building a Simple REST API in PHP” yang dimulai sejak 09.30 sampai 14.00 di kampus UNISBANK Mugas Semarang, tepatnya di ruang LKMI dan LKMJ. Kegiatan ini diikuti oleh mayoritas mahasiswa baru dari intern Unisbank maupun Ekstern. Acara ini dimulai dari pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Tidy Rivaldy Siregar selaku Vice President Internet Club, dilanjutkan sambutan oleh Ivan Nur Iqbal selaku ketua acara pelatihan web service ini.

Selanjutnya diisi dengan materi oleh Arif Kurniawan (Admin Internet Club) acara pelatihan yang menjelaskan tentang “Apa Itu Web Service ?”. Web Service yaitu sebuah sofware aplikasi yang tidak terpengaruh oleh platform, ia akan menyediakan method-method yang dapat diakses oleh network. Ia juga akan menggunakan XML untuk pertukaran data, khususnya pada dua entities bisnis yang berbeda. Dalam pengertian yang sederhana , XML Web Services dapat di definisikan sebagai aplikasi yang diakses oleh aplikasi yang lain. Mungkin orang berpendapat itu semacam web site, tetapi itu bukan demikian. Ada perbedaan – perbedaan yang membedakan dengan web site. Kemudian penjelasan tentang Restful API yaitu suatu arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protokol HTTP untuk pertukaran data dan metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Dimana tujuannya adalah untuk menjadikan sistem yang memiliki performa yang baik, cepat dan mudah untuk di kembangkan (scale) terutama dalam pertukaran dan komunikasi data. Dalam sesi ini instruktur menjelaskan secara detail tentang pengenalan ini.

Sesi selanjutnya adalah pembuatan Restful API, peserta membuat dahulu database untuk menyimpan data-data yang diperlukan oleh aplikasi. Peserta menggunakan phpMyAdmin untuk mengatur database seperti membuat database, membuat tabel dan field, memasukkan data dan lain sebagainya. Selanjutnya membuat generate key, halaman REST API, Membuat Akses Webservice dengan method POST. Pada tahap tahap pembuatan ini peserta dibimbing satu demi satu proses coding yang perlu dimasukkan peserta. Sesi ini sangatlah penting mengenai pembuatan web service lebih lanjut nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>