Pelatihan Web IC

REVIEW PELATIHAN WEB DEVELOPER

Semarang (21/05), Halo netters! kembali lagi dengan internet club, sebelumnya kita telah melaksanakan pelatihan pembuatan game dan seminar IC WEB DEVELOPER. dan kali internet club kembali lagi menyelenggarakan acara yang tidak kalah seru dan memberi ilmu yaitu  pelatihan web programming, dimana para peserta diajarkan bagaimana pembuatan web dengan menggunakan bahasa PHP. Pelatihan yang dihadiri 48 peserta tersebut diselenggarakan di kampus mugas UNISBANK SEMARANG. Pelatihan yang diselenggarakan pada hari minngu tanggal 21 mei tersebut di instrukturi langsung oleh admin internet club yaitu Arif Kurniawan.

Sebagai awal pelatihan instruktur mengenalkan beberapa komponen-komponen yang akan di pakai nantinya pada saat pelatihan. Ada beberapa materi yang akan disampaikan oleh instruktur diantaranya pembuatan PHP dasar, OOP dasar, membuat web menggunakan konsep MVC.

Dalam sesi pembuatan PHP dasar instruktur sebelumnya memperkenalkan apa itu PHP dan apa kegunaannya dalam pembuatan website, selanjutnya instruktur mengajarkan pembuatan script PHP dengan menggunakan aplikasi sublime seperti membuat kalimat dengan menggunakan bahasa PHP dan cara menampilkannya di aplikasi browser, setelah para peserta bisa membuat script PHP sederhana selanjutnya instruktur mengajarkan bagaimana cara membuat perulangan dan percabangan data dan kegunaannya dalam pembuatan web.

Selanjutnya adalah sesi dasar OOP, dalam sesi ini instruktur menerangka apa itu OOP dan apa pengaruhnya bagi pembuatan web, dari sesi ini instruktur mengajarkan bagaimana membuat class, property & method di php dan pengaruhnya dalam pembuatan web dalam pembuatan class instruktur memberikan contoh membuat class bernama mahasiswa yang berisi nama mahsiswa dan nama fakultas beserta bagaimana cara menampilkannya di aplikasi borwser.

Pada sekmen pembahasan membuat web menggunakan konsep MVC instruktur menerangkan sedikit apa itu MVC serta istilah-istilah yang ada di MVC seperti model, view, dan controller. Selanjutnya para peserta di ajartkan bagaimana cara membuat database yang nantinya database tersebut akan ditampilkan pada halaman web nantinya. Setelah membuat database para peserta diajarkan bagaimana cara membuat halaman home pada halaman web nantinya.

Dan selanjutnya instruktur mengajarkan cara templating yang berfungsi agar semua data dan perintah yang dimasukkan tetap konsisten dan tidak berubah-ubah. Tahap selanjutnya instruktur mengajarkan bagaimana cara agar tampilan database yang telah dibuat agar lebih interaktif atau biasanya disebut metode bisa disebut CRUD singakatan dari Create Read Update Delete. Selanjutnya instruktur menerangkan agar database yang telah dibuat agar bisa di edit dan ditambah datanya melalui halaman halaman web tersebut.

Jadi begitulah sedikit gambaran tentang pelaksanaan pelatihan IC WEB DEVELOPER, bagaimana menurut kalian acara tersebut, menarik kan?. Nah setelah ini Internet Club masih mempunyai acara yang lebih menarik, nambah pengalaman, dan tentunya lebih nambah ilmu tentunya, sekinan dan terus semangat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>