1

REVIEW PELATIHAN BLENDER “Make Your Journey With Blender Game engine”

Semarang(65/5), UKM internet club UNISBANK telah mengadakan pelatihan pembuatan game menggunakan aplikasi blender, pelatihan yang mengusung tema “Make Your Journey With Blender Game engine” acara dimulai dari jam 09.00 sampai 15.30 WIB. Acara ini dipandu oleh dua instruktur dari anggota internet club sendiri yaitu Ammar Hanif Fauzan dan imelda. Dalam pelatihan game tersebut menjelaskan beberapa  bagian-bagian pembuatan game antaranya modelling, texturing, logic, dan rendering.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan kegunaan software blender salah satunya membuat game pada masyarakat luas baik mahasiswa maupun pelajar. Pertama-tama instruktur mengajarkan cara membuat game patform sederhana seperti game legendaris Super Mario sebelum masuk sesi modelling dan teksturing instruktur memperkenalkan aplikasi blender seperti kegunaan aplikasi blender,apa saja yang dihasilkan dan masih banyak lagi. Selain itu instruktur juga memperkenalkan perintah-perintah dasar pada aplikasi blender seperti kegunaan  tombol tertentu dan tombol perintah yang ada di aplikasi tersebut.

Pada sesi modelling para peserta diajarkan membuat arena game terlebih dahulu sebelum melangkah membuat objek yang lain, karena yang akan dibuat adalah  game berjenis platform instruktur mengajarkan cara membuat arena rintangan terlebih dahulu. Setelah itu instruktur mengarahkan para peserta untuk membuat karakter gamenya, tapi untuk menyingkat waktu karakter dibuat berbentuk kotak saja, nantinya para peserta bisa membuat karakter sendiri dirumah dan dapat diaplikasikan pada game yang telah dibuat tersebut.

Sesi selanjutnya adalah teksturing, pada sesi ini instruktur mengajarkan kepada peserta bagaimana cara mewarnai game agar lebih menarik dan nyata, seperti memberi background pada game, mewarnai objek, dan menata objek agar lebih pas dan menarik.

Setelah sesi tekturing, peserta diberi waktu untuk istirahat makan dan sholat, dan akan dilanjutkan lagi dengan sesi logic dan rendering.

Pada sesi logic instruktur mengajarkan bagaimana objek dan karakter pada game dapat digerakan bila dimainkan, dimana pada sesi ini semua objek dan karakter diatur pergerakannya agar lebih nyata dan masuk akal bila dimainkan serta pengaturan arah kamera agar mendapat view yang diinginkan.

Dan yang terakhir adalah sesi rendering dalam sesi ini instruktur mengajarkan para peserta pelatihan tentang cara menyimpan game yang telah dibuat dalam bentuk format exe agar bisa dibuka tanpa membuka aplikasi blender terlebih dahulu.

Oke begitulah gambaran dari pelatihan game dari internet club bagaimana menurut kalian? Kerenkan?, dan kami masih banyak lagi acara-acara yang akan datang dan dijamin lebih seru, menarik, dan pastinya nambah ilmu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>