Review Seminar Big Data

Review Acara Seminar Big Data

Semarang(30/09), Internet club kembali lagi mengadakan acara seminar yang pastinya lebih seru dari acara sebelumnya, kali ini internet club mengadakan seminar big “Smart Strategy For Startup And Developer With Big Data”data dimana seminar ini adalah seminar big data pertama kali di Semarang, dalam seminar yang bertempat di gedung Telkom jl. Pahlawan No. 10 Semarang. Seminar ini diisi oleh dua narasumber yang sudah mengerti di bidangnya yaitu Anne Regina beliau adalah head of femalegeek, narasumber yang kedua adalah Oskar Riandi beliau adalah direktur PT. Bahasa Kita.


Materi pertama disampaikan oleh Anne Regina, beliau menjelaskan history dan perkembangan database dari zaman dahulu sampai sekarang. Beliau juga menjelaskan beberapa situs yang memanfaatkan big data dalam bisnisnya, seperti Facebook, Grab, Gojek dan masih banyak lagi. Mereka umunya tidak mempunyai properti sesuai dengan bisnisnya, seperti Gocar mereka tidak mempunyai mobil namun keuntungan dari Gocar tersebut didapatnya dari penjualan data dari para konsumennya. Adapun situs besar seperti google mendapat keuntungan dari beberapa sekor yang pertama dari aplikasi, kedua dari data, dan yg ketiga dari sistem operasinya. Secara garis besar big data atau data yang banyak sangat. Adapun beberapa pengaplikasiannya dari beberapa bidang yaitu yang pertama dari kesehatan, security, sensor, manufacture, keuangan. Kemudian beliau menjelaskan alat apa saja yang bisa menangkap data, seperti sensor, salah satunya adalah E-fisheri. E-fisheri yaitu sebuah alat untuk membantu menternak ikan dan masih banyak lainnya.

 

Selanjutnya materi yang disampaikan oleh narasumber yang kedua yaitu Oskar Riandi, beliau lebih menjelaskan bagaimana cara mengaplikasikan atau memanfaatkan Big Data dalam dunia bisnis dan mendapatkan keuntungan. Ini akan menjadi tantangan yang menggiyurkan bagi Developer/StartUp apabila Big Data diolah dengan benar. nah dalam penjelasannya pak Oskar Riandi memberikan cara memulai memanfaatkan big data, beliau memberi contoh pengaplikasian Big Data seperti periklanan di tv, koran, radio, dan media yang lainnya. Bagaimana cara memanfaatkan peluang dibidang big data, seperti data suara dalam kehidupan sehari-hari? Misalnya dalam sebuah Mini Mart kita selalu diberikan struk pembayaran, dari struk pembayaran yang kita terima perusahaan berhasil mendapatkan data konsumennya. Seperti item apa yang dibeli, berapa jumlah item yang dibeli, kapan pembelian itu terjadi. Dari struk itu diolah kembali oleh perusahaan dan perusahaan dapat menentukan waktu promo dan item apa saja yang mendapatkan diskon.


Nah bagaimana acara seminar big data kali ini, bagaimana menurut kalian? Baguskan?. Internet club akan kembali dengan acara yang lebih seru dan bermanfaat lainnya. Terus ikuti social media dan website Internet Club ya, nantikan acara IC berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>