Release Note of Ubuntu

Ubuntu Linux

Sepertinya kita tinggal menghitung waktu saja untuk mencoba rilis terbaru dari Ubuntu yang diberi code name “Gutsy Gibbon”. Nah, ada baiknya kita untuk tau, bagaimana sejarah dari pengembangan Ubuntu dari awal rilis 3 tahun yang lalu hingga sekarang.

Rilis pertama Ubuntu muncul pada bulan Oktober 2004 oleh Canonical Limited, dan awalnya disebut no-name-yet.com. Ubuntu sendiri adalah gubahan dari distro tua Debian GNU/Linux. Nama Ubuntu berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa yang berarti “Saya adalah saya karena siapa kita semuanya”, yang kemudian menjadi slogan Ubuntu – “Linux Untuk Kemanusiaan”.

Hati-Hati, postingan ini panjang banget…


Ubuntu menjanjikan rilis baru setiap enam bulannya, dimana ini adalah hal yang sulit dijanjikan oleh distro lain. Uniknya lagi, setiap rilis Ubuntu selalu diberi nama sandi, dimana setiap sandi selalu mengandung nama hewan yang lucu. Warty Warthog adalah nama yang pertama.

Oktober 2004 – Warty Warthog (4.10)

Warty Warthog adalah rilis pertama Ubuntu. Mengapa dimulai dari versi empat? Empat melambangkan tahun rilis (2004), dan sepuluh berarti bulan Oktober. Tampilan dekstop didominasi warna gelap, oranye,d an cokelat yang merupakan simbol dari suku-suku di Afrika Selatan.

Satu hal yang membuat Ubuntu memimpin dari awal adalah adanya Live CD. Dengan Live CD ini memungkinkan calon pengguna potensial mencoba Ubuntu terlebih dahulu tanpa perlu menginstallnya, suatui hal yang distribusi lain tidak tawarkan untuk pengguna desktop.

Warty Warthog didukung oleh Kernel Linux 2.6.7 dan xfree86 4.3.0.1

April 2005 – Hoary Hedgehog (5.04)

Enam bulan kemudian, seperti yang dijanjikan, hadirlah Hoary Hedgehog. Warna dekstopnya sedikit berubah namun tetap bernuansa gelap. Live CD disempurnakan dengan hadirnya Live CD untuk 64 bit dan Power PC.

Pada April 2005, Ubuntu telah mencapai kedewasaan dan melahirkan distribusi baru yang disebut Kubuntu. Distribusi ini dibangun berbasis Ubuntu namun tidak menggunakan GNOME sebagai antar mukanya melainkan memakai KDE.

Hoary Hedgehog didukung oleh Kernel Linux 2.6.10, X.Org 6.8.2, Gnome 2.10, dan KDE 3.4.

Oktober 2005 – Breezy Badger (5.10)

Pada rilis ini, Ubuntu telah memperoleh penerimaan yang luas di komunitas Linux. Kehadiran Breezy ditandai dengan lahirnya Edubuntu, distribusi Linux ketiga yang diperuntukkan untuk pendidikan. Hadir juga dukungan server untuk Ubuntu.

Bukan untuk mengalahkan, distribusi Kubuntu mengganti pengelola paket Kynaptic dengan Adept dan menjadi yang pertama kali menggunakan devtag untuk mempermudah pencarian aplikasi. Dukungan KDE Bluetooth juga ditambahkan pada rilis ini.

Breezy Badger didukung oleh Kernel Linux 2.6.12, X.Org 6.8.2, Gnome 2.12.1, dan KDE 3.5.2

Juni 2006 – Dapper Drake (6.06)

Dapper menjadi rilis pertama yang meleset dari jadwal rilis setengah tahun-an yang seharusnya jatuh bulan April. Hal ini terjadi karena Mark Shuttleworth (pendiri Ubuntu) memperpanjang waktu pengembangannya. Rilis ini menjadi rilis pertama yang menambahkan LTS (Long Term Support) untuk Ubuntu. Versi desktop diberikan dukungan hingga tiga tahun, dan versi server selama lima tahun.

Hal baru lainnya dan pertama diterapkan adalah fungsi Live CD yang sekaligus sebagai CD Installer. Ketika dalam Live CD (kini disebut Desktop CD) pengguna dapat mengklik icon installer untuk menginstall Ubuntu dengan mudah. Pengguna tidak hanya dapat menginstall Ubuntu ke harddisk, tapi juga ke perangkat USB.

Beberapa perbaikan penting diantaranya waktu startup yang lebih cepat, shutdown dengan tampilan grafis, perkakas upgrade yang baru dan kemampuan memainkan video yang lebih baik. Setting jaringan juga lebih mudah dengan Network Manager. Rilis ini juga memasukkan OpenOffice 2.0.2.

Merasa tidak cukup, keluarga Ubuntu bertambah lagi. Ketimbang menggunakan GNOME atau KDE, Xubuntu menggunakan Xfce untuk desktopnya. Ringan di kebutuhan, Xubuntu sangat cocok untuk desktop lama ataupun laptop.

Dapper Drake didukung oleh Kernel Linux 2.6.15, X.Org 7.0, Gnome 2.14, KDE 3.5.4, dan Xfce 4.3.90.1

Oktober 2006 – Edgy Eft (6.10)

Dengan waktu startup dan shutdown yang lebih cepat serta integrasi dari TomBoy dan F-Spot, Ubuntu Edgy menjadi batu loncatan kecil diantara Dapper dan rilis Feisty Fawn 7.04 berikutnya.

Kreasi seni dalam Kubuntu menambahkan aplikasi manajemen foto (digiKam), mendesain ulang panel System Setting, dan menambahkan dukungan untuk tombol laptop dan manajemen sumber daya.

Edgy Eft didukung oleh Kernel Linux 2.6.17, X.Org 7.1, Gnome 2.16, KDE 3.5.5, dan Xfce 4.3.99 RC1

April 2007 – Feisty Fawn (7.04)

Akhirnya rilis Ubuntu ini menghadirkan beragam fitur baru termasuk diantaranya cara baru untuk menginstall codec multimedia dan driver binari, improvisasi jaringan dan tentu saja bantuan migrasi Windows yang lebih mudah dan sebagainya.

Sudaah…. capek bacanya? kalo mau artikel aslinya ada kok. Silakan didonlot sendiri di SINI

7 thoughts on “Release Note of Ubuntu

  1. aku dari dulu tertarik dengan penamaan dari setiap “serial” ubuntu. Warty Warthog, Edgy Eft, Feisty Fawn dan lain2. jadi teringat dengan nama2 tokoh kartun amerika yang selalu mempunyai konsonan awal yg sama Peter Parker (sapidarman), mickey mouse, donald duck dan lain2.

    karena Ubuntu mengambil nama binatang, mungkin versi berikutnay dikasih nama Zacky Zebra, Dimas Domba, Hary Hamster, Anan Antilop, Anik Ayam [kampus eh kampung] ataupun Niea NyingNying hehehe. Mungkin saja…. apalagi kalo ug mbuat ubuntu baca komen ini kekeke.

    Nb: ini cuman becanda, kesamaan nama merupakan kebetulan yang di betul-betulkan :D

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>