Pengenalan Mailing List

Mailing List

Pendahuluan

Sebagai makhluk sosial tentunya kita tidak bisa hidup sendirian, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Kata orang, pengalaman adalah guru yang terbaik. Selain itu juga, berguru kepada orang yang mempunyai pengalaman juga merupakan salah satu cara yang terbaik dalam mendalami ilmu.

Nah, gimana caranya kalo kita ingin berguru kepada orang tapi orang yang bersangkutan ada di luar kota, luar pulau, atau bahkan di luar negeri? Chatting aja… Mungkin itu yang terlintas di pikiran Anda. Memang benar, kita bisa chatting dan langsung berinteraksi langsung dengan narasumber. Tapi khan itu dengan catatan si narasumber dan Anda harus sama-sama online. Gimana kalo Anda terhambat dengan zona waktu? Disana jam 10 pagi, sedangkan di Indonesia udah jam 2 pagi. Repot khan?

Trus, kalo chatting khan cuma ngobrol dengan 1 orang, yang artinya sumber ilmu yang didapatkan juga berasal dari 1 orang saja. Kalo gitu nggak berkembang dong? Seperti katak dalam tempurung aja. Padahal ilmu yang terbaik adalah ilmu yang berasal dari kumpulan orang yang banyak. Dimana kita bisa menemui kumpulan orang itu? Yap, ada di sebuah Komunitas.

Sebuah komunitas mempunyai anggota / member yang berasal dari berbagai macam latar belakang. Ada yang memag sudah expert (ahli), ada juga yang masih newbie (pemula), dan ada juga yang standar-standar aja. Tapi khan nantinya Anda akan menerima banyak sekali masukan dan bantuan yang tentunya akan memperkaya ilmu Anda sekalian.

Bagaimana mereka saling berkomunikasi? Selain chatting yang dibahas diatas, ada beberapa media lain yang sering digunakan. Antara lain Forum dan Mailing List. Nah, kali ini kita akan membahas tentang media yang kedua, yaitu Mailing List.

Mailing List

Bahasa gampangnya tu, Mailing List atau yang lebih sering disebut Milis adalah salah satu media berkomunikasi antar member group menggunakan perantara e-mail. Jadi proses kerjanya adalah, Anda cukup mengirimkan sebuah e-mail yang ditujukan kepada alamat Milis itu, dan nanti seluruh member Milis akan menerima e-mail dari Anda.

E-mail yang Anda kirim itu disebut Thread atau suka disebut Tret. Nah, nantinya bila ada member group yang paham tentang Tret itu, maka dia cukup membalasnya, dan nanti jawabannya akan terkirim ke seluruh member Milis. Dalam sebuah Milis bisa berisi puluhan Thread baru perharinya yang menandakan bahwa Milis itu sangat aktif dan ramai. Imbasnya seluruh member Milis akan menerima ilmu dan informasi yang beredar, meskipun pada saat itu si member belum memerlukannya.

Kelebihan Milis

Kita cukup mengirimkan 1 e-mail saja kepada Milis dan nanti seluruh member Milis akan menerimanya. Trus segala lalu-lintas Milis cukup Anda pantau melalui e-mail Anda. Khan Milis berkomunikasi melalui media e-mail.

Ilmu yang akan Anda dapatkan bakalan cukup melimpah, karena background member Milis pasti berbeda-beda. Tentunya dengan catatan Milis itu harus aktif dan ramai.

Kerugian Milis

Pernah merasakan tersesat? Nah, paling kerugian Milis hanyalah bila Anda salah masuk Milis. Artinya Milis yang anda pilih ternyata isinya tidak sesuai dengan harapan. Mungkin isinya hanya iklan-iklan, moderator yang tidak tegas, tidak ada peraturan, semrawu, dan lain-lain. Makanya sebuah Milis mutlak memiliki Moderator yang mengatur, dan tentunya Tata Tertib yang harus dipatuhi oleh semua member.

Milis Internet Club

Internet Club sendiri sudah memiliki Milis yang berjalan. Namun karena mungkin belum ada sosialisasi atas kelebihan Milis, makanya membernya baru dikit dan tidak aktif pula. Ayoo bagi anggota baru IC, bergabunglah dengan Milis Internet Club dan kita sharing ilmu, sharing info, atau hanya sekedar melepas penat setelah seharian bekerja dan kuliah.

Cara daptar :

kirim imel kosong ke internetclub-unisbank-subscribe@googlegroups.com

3 thoughts on “Pengenalan Mailing List

  1. hehehe alhamdulillah…
    akhirnya aku tidak gaptek Lagi…
    makasih wat yang ngasih info..
    ayo ramaikan miLis kita, semangat!!!!!!!
    IC…. GO GO GO…!!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>