Pelatihan Jaringan Komputer

Internet Club atau yang lebih dikenal dengan ‘IC’ kali ini mengadakan lagi kegiatanya berupa pelatihan jaringan untuk beginer. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 2-3 Juli 2010. Acara tersebut di instrukturi oleh Mas Dhimas Perwira. Beliau adalah seorang Network Engineer di PT. Graha Informatika Nusantara di Jakarta. Sedangkan untuk para peserta berasal dari anggota IC sendiri, baik dari staff, managerial, HR dan Presiden IC. Semua berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Hari pertama, tepatnya hari Jumat acara dimulai Jam 03.00 dan berakhir jam 08.30 malam. Pada pelajaran yang pertama kami diajari tentang dasar-dasar jaringan. Dari pengertian IP,Class IP, menghitung subneting serta dasar-dasar jaringan yang lainnya. Sesi pertama di isi oleh Lutfan Najib. Lutfan menerangkan tentang dasar network. Dari pengertian OSI seven layer dan TCPIP. Dilanjutkan dengan mas Jirjie dengan materi penggolongan Class IP. Karena kondisi mas jirjie yang kurang fit, maka untuk materi selanjutnya dilanjutkan oleh mas Dhimas. Mas Dhimas membawakan materi penghitungan subneting. Para peserta diajari bagaimana menghitung subnet.  Menghitung subnet bisa dengan manual atau dengan kalkulator subnet. Selanjutnya kami diperkenalkan dengan Packet Tracer. Packet Tracer adalah sebuah software simulasi jaringan. Sebelum melakukan konfigurasi jaringan yang sesungguhnya (mengaktifkan fungsi masing-masing device hardware) terlebih dahulu dilakukan simulasi menggunakan software ini. Simulasi ini sangat bermanfaat jika membuat sebuah jaringan yang kompleks namun hanya memiliki komponen fisik yang terbatas. Kemudian mas Dhimas mengajari bagaimana menggunakan Packet Tracer. Karena keterbatasan waktu, maka acara untuk hari pertama selesai jam 08.30 malam.

Hari kedua materi dilanjutkan oleh mas Dhimas. Materi pada hari kedua tentang routing. Bagaimana mengkofigurasi routing dan menghubungkan beberapa router. Selanjutnya para peserta di beri tugas bagaimana menghubungkan jaringan dengan 5 router. Hanya beberapa anak IC yang bisa mengkonfigurasi router. Selanjutnya, materi diteruskan dengan perbedaan router dan switch. Lalu dilanjutkan dengan network address translation (NAT).  biasanya digunakan untuk mengkoneksikan network private dengan internet. Setelah NAT materi dilanjutkan dengan ACL ( Access Control List) yaitu pengelompokan IP atau packet data yang lewat berdasarkan kategori yang diinginkan. Setelah menjabarkan materi, acara pun diakhiri jam 03.00 sore. Dilanjutkan dengan motivasi untuk anak-anak IC. (anam)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>