IMG_3567

“Pelatihan Basic Public Speaking, Public Relation dan Marketing”

PUBLIC SPEAKING, PUBLIC RELATION ,DAN MARKETING

Pelatihan Public Speaking, Public Relation, dan Marketing yang dilaksanakan oleh Departemen Eksternal merupakan pelatihan intern,dan Departemen  Eksternal sendiri adalah salah satu departemen di Internet Club Unisbank Semarang. Acara yang dihadiri 15 peserta ini di selenggarakan pada hari Sabtu 19 Desember 2015, dari jam 09.00 – 12.30 di Ruang T.8.2 Lantai 8 Kampus Mugas Unisbank Semarang.

Pada pelatihan kali ini terdapat dua sesi yaitu sesi pertama adalah Public Speaking dan Public Relation yang dibawakan oleh Mayorita, beliau adalah konselor dari Solusi Remaja dan sesi kedua ada Marketing yang dibawakan oleh Sumawati dan Jelita, mereka adalah senior dari Internet Club.

Pada tanggal 19 Desember 2015 lalu, Solusi Remaja mengadakan Pelatihan Basic Public Speaking yang bekerja sama dengan Internet Club Unisbank Semarang yang bertempat di Lantai 8 Kampus Mugas Unisbank Semarang. Pelatihan tersebut diselenggarakan dengan peserta sebanyak 15 orang, walaupun dalam kelompok kecil namun kegiatan tersebut berlangsung sangat seru dan efektif.

Di awal sesi, Mayorita yang mewakili Solusi Remaja terlebih dahulu meminta para peserta untuk mengungkapkan pendapatan yang diketahui tentang Public Speaking. Kebanyakan dari peserta masih malu-malu dalam mengungkapkan pendapatnya dan masih belum mengerti tentang Public Speaking. Setelah sesi sharing, kemudian dilanjutkan dengan ice breaking untuk mencairkan kekakuan antar peserta dan menambah keakraban dengan dance. Peserta yang sebagian besar baru duduk di bangku kuliah semester pertama ini cukup antusias mengikuti pelatihan dengan cukup aktif bertanya dalam sesi pemberian materi.

Tema materi yang disampaikan yaitu “Berbicara dengan Happy”, dan tujuan dari diskusi materi tersebut adalah peserta mampu berbicara dengan baik dan benar di depan umum, mempunyai mental dan mampu mengatasi rasa grogi ketika berbicara di depan, dan juga agar mampu menjaga hubungan baik dengan orang, komunitas, maupun perusahaan.

Materi dibawakan dengan ringan agar peserta mudah dalam mencerna materi. Mayorita menekankan bahwa dalam berkomunikasi yang utama adalah kepercayaan diri. Tips sederhana untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi yaitu dengan memperbanyak berbincang atau ngobrol dengan banyak orang. Dengan dasar kepercayaan diri maka informasi akan lebih mudah tersampaikan dengan lebih efektif.

MARKETING ≠ SALES

Untuk sesi kedua adalah Marketing yang dibawakan oleh Sumawati dan Jelita, mereka adalah senior dari Internet Club. Mb Suma dan Mb Etha panggilannya di Internet Club menjelaskan mengenai dasar – dasar marketing, bagaimana cara mengajukan proposal, cara bernegosiasi dengan pihak sponsor dan menentukan target sponsor.

Mb Suma dan Mb Etha meminta peserta untuk mengungkapkan pendapatnya tentang apa itu Marketing. Peserta mengungkapkan pendapatnya mengenai marketing sesuai yang mereka ketahui, walaupun berbeda – beda pendapat namun kebanyakan peserta cukup paham mengenai marketing itu sendiri.

Dengan tema “Marketing ≠ Sales”, diharapkan peserta paham mengenai perbedaan antara Marketing dan Sales dan juga peserta tau mengenai dasar – dasar marketing, bagaimana cara mengajukan proposal, cara bernegosiasi dengan sponsor dan menentukan target sponsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>