Membuat Form Inputan Dengan HTML

Buat teman-teman yang sedang belajar pemrograman web tentunya pernah melihat sebuah form login ataupun form inputan dari sebuah halaman web, nah kali ini akan kami share bagaimana caranya membuat sebuah form inputan dengan HTML, ini adalah hasil dari kegiatan ngoprek yang dilakukan divisi pemrograman, tidak usah berlama-lama langsung saja ke TKP, Pertama yang perlu diketahui sebelum membuat form selain tag dasar html adalah tag form dan tag input. Selain itu digunakan juga tag table untuk membuat tampilan form menjadi lebih rapi.

  1. 1.      Tag form

Tag form merupakan tag yang digunakan untuk membuat form isian.

Contoh:

<form><input>

<input>

</form>

 Atribut pada tag ini adalah action dan method.

a. Action

Action digunakan untuk memproses inputan yang dimasukkan. Atribut action diisi dengan nama file dari script PHP yang berisi perintah-perintah untuk memproses data yang telah dimasukkan.

b. Method

Atribut method digunakan untuk menentukan metode pengiriman data ke pemroses. Metode yang digunakan yaitu GET dan POST.

Perbedaan antara POST dan GET terletak pada URL-nya. Jika menggunakan method GET, pada addres bar akan tampil data yang dikirmkan dari proses tersebut.

<form action=”proses.php” method=”POST”><input>

<input>

</form>

  1. 2.      Tag input

Tag ini digunakan untuk memberikan inputan berupa data untuk kemudian diproses.

Atribut pada tag input

a. Type

Atribut type digunakan untuk menentukan jenis inputan pada form. Atribut ini merupakan atribut terpenting pada tag input

b. Name

Atribut name digunakan untuk memberi nama variabel dari data yang diinputkan.

c. Value

Merupakan nilai yang akan dikirimkan untuk proses selanjutnya.

Oke mungkin tutorial pertama sampai disini dulu, tunggu postingan berikutnya yang akan membahas mengenai macam-macamtype pada tag input.

Posted by Raclien (Dept.Litbang)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>