Liputan Gutsy Release Party (GRP) Semarang

Akhirnya acara yang kami tunggu-tunggu tiba, tepatnya hari Sabtu, tanggal 3 September 2007. Kenapa? Jawabannya karena Si Gutsy Gibbon (Ubuntu Versi 7.10) di release di Semarang, acaranya dilaksanakan di Kampus Unnes (Universitas Negeri Semarang). Karena hari itu adalah hari Sabtu yang masih merupakan hari perkuliahan bagi kami (anggota intrenet club -red) yang semuanya merupakan mahasiswa Unisbank (Universitas Stikubank Semarang) jadi kita sedikit terlambat dalam mengikuti acara tersebut. Ya sayang sih sebenarnya, tapi mau bagaimana lagi, ini kan minggu terakhir sebelum mid semester jadi banyak Dosen yang ngasi responsi. Sebelumnya sekitar pukul 09.00 AM saya sudah dihubungi via telpon sama Mbak Nia rekan dari Internet Club juga yang pada acara itu menjadi MC, beliau mengingatkan kalau sebaiknya segera berangkat karena pesertanya sudah banyak yang datang.

Setelah berkoordinasi bersama teman-teman Internet Club Unisbank, kami sekitar 15 orang langsung berangkat menuju ke lokasi. Walaupun cuaca tidak mendukung sedikit gerimis tapi tidak mengurangi tekad kami untuk menghadiri acara tersebut. Berangkat dari Kampus Unisbank sekitar pukul 11.00 AM dan tiba di lokasi sekitar pukul 11.30 AM. Setelah sampai kami langsung mencari Gedung D4 dimana dilangsungkannya acara. Sampai depan ruang acara kita disambut oleh rekan-rekan dari ubuntu-semarang “Selamat datang teman-teman dari Unisbank” sambut mereka. Sebelum masuk ruangan kami diminta untuk melakukan registrasi peserta dulu oleh panitia dari MIPA Connect. Waktu kami masih melakukan registrasi terdengar juga “celethukan” dari salah satu panitia bagian registrasi tadi, katanya “Oooo ini temen-temen dari Internet Club ya?”. Wah, sambutan yang hangat ya…. Sayangnya gara-gara terlambat kita nggak kebagian CD Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)-nya.

Setelah mengintip sedikit ruangan, Wah… rame banget ternyata (Full), sampai ada yang berdiri juga lho dibelakang. Sempat kaget juga melihat membludaknya peserta, sukses ni acaranya. Kita langsung bergabung ke acara lewat pintu belakang. Nampaknya kita masih kebagian sesi pertama ni (yang tergolong sesi seminar). Ya walaupun cuman sebentar. Dari ketiga pembicara atau nara sumber yang duduk di depan, nampaknya 2 (dua) diantaranya udah nggak asing lagi bagi kami (internet club unisbank -red). Yang duduk ditengah namanya Mas Yogie, beliau juga termasuk alumni atau senior dari kami (internet club unisbank -red) tapi pada kesempatan itu beliau perwakilan atau sebagai Staff Ubuntu Semarang. Disamping kirinya ada sir Bats, lebih lengkapnya namanya Pak Sabri beliau perwakilan dari Ubuntu Indonesia yang didatangkan langsung dari Jakarta, beliau juga pernah mengisi acara seminarnya Internet Club, tepatnya 3 bulan yang lalu waktu itu temanya “Semarang Linux Party Part II (Linux Itu Mudah)”. Dan pembicara yang ketiga adalah Bapak Wahyu dari IT Unnes. Inti dari seminar tersebut antara lain tentang pengenalan Linux kepada orang awam yang masih sebagian besar under Windows dan segera ingin bermigrasi ke Linux.

Nggak lama kemudian acara seminar diakhiri dan dilakukan istirahat atau break. Jadi waktunya sholat.

Hwehe…, di sesi kedua nampaknya beda dengan sesi pertama, kali ini pesertanya jauh lebih berkurang. Disamping udah banyak yang pulang di sesi yang kedua ini peserta juga dibagi menjadi 3 (tiga) kelas. Kelas pertama untuk demo installasi ubuntu, kelas kedua untuk desktop ubuntu, dan yang terakhir adalah jaringan di ubuntu. Nah kami memilih kelas yang ketiga. Jadi 30% dari jumlah peserta yang ada di kelas jaringan di ubuntu adalah anak-anak Internet Club. Kami pun mengikuti dengan seksama pada saat dilakukan presentasi atau demo pertama tentang Jaringan di Ubuntu yang diusung oleh Mas Ropix dari ubuntu-semarang, begitu juga demo selanjutnya yang di pimpin oleh Mas Ainul Hakim tentang Koneksi Internet via Bluetooth. Sebelum acara berakhir saya manfaatin sesi tanya jawab untuk bertanya tentang materi pertama . Waktu saya masih mengangkat tangan rupanya Mas Ropix masih ingat sama saya, beliau langsung memanggil nama saya dan instansiku. Setelah acara ditutup dan selesai kita sempet ditanya sama Mas Ropix “Kapan Internet Club Unisbank buat kegiatan lagi seputar Linux (Ubuntu)?” langsung aja saya jawab, doakan aja Mas, kemungkinan releasenya Ubuntu setelah si GG kita ambil. :D Kita pulang dan kembali ke kampus.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Sesi Seminar

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Sesi Demo