Lindungi Identitas dan Reputasi di Dunia Maya

Beraktifitas di dunia maya seperti searching, surfing, browsing, Chatting, Blogging, Posting, maupun aktifitas lainnya yang termasuk kegiatan yang sering kita lakukan sehari-harinya di dunia internet, tentunya sangat mudah kita lakukan tanpa harus ada batasan-batasan untuk melakukan berbagai aktifitas di internet tersebut . Namun perlu di ingat bahwa dengan mudahnya kita melakukan aktifitas tersebut dengan mudah pula kita juga sudah masuk pada dunia yang mungkin bisa membahayakan diri kita jika tidak berhati-hati terhadapnya.

Kasus seperti kejahatan dunia maya seperti Cyberbullying maupun Cybercrime ini cenderungnya mengacu pada anak usia dini maupun remaja yang mungkin masih labil dalam memberikan data-data informasi mereka yang sekiranya bersifat privacy dan mestinya kita sebagai orang yang mungkin tahu akan hal-hal yang bisa membahayakan bagi anak usia dini atau remaja tersebut bisa membantu menjelaskan agar cermat untuk melakukan filterisasi terhadap data-data yang bersifat privacy untuk tetap di lindungi dari dunia maya.

Dibawah ini ada beberapa hal yang mungkin bisa di pertimbangkan untuk melindungi data-data identitas rahasia  kita, yang nantinya agar reputasi kita tetap terjaga dengan semestinya.

1.       Aktifitas di dunia online tidak bersifat sementara

Aktifitas di internet itu tidak sementara, informasi yang berkembang dan tersebar di internet itu sangat cepat tersebar luaskan, meski kita sudah menghapusnya namun ternyata informasi yang sudah kita hapus tersebut sudah lebih dulu di teruskan oleh orang lain. Mungkin kita kalah cepat untuk mengahpusnya. Namun bagaimanapun ceritanya berita di internet itu tidak akan punah begitu saja. Satu informasi tersebarkan pada saat itu juga 10x informasi tersebut sudah tersebar juga. Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut kita perlu menggunakan prinsip Think before posting.

 2.       Tandai privacy profile anda di Internet

Jangan terlalu narsis untuk selalu memberikan foto profil ataupun data pribadi kita di internet. Jika memang diharuskan untuk memberikan data-data pribadi seperti foto profil paling tidak kita perlu memberikan tanda khusus bahwa kita pernah memasangkan data khusus kita pada situs-situs tertentu yang telah kita kunjungi. Mengapa demikian? Karena orang lain dengan mudah bisa saja mengambil foto kita untuk di salahgunakan. Jika nantinya hal ini terjadi paling tidak kita bisa menelusuri darimana orang tersebut bisa mendapatkan foto kita dengan cara kita tadi yang sudah menandai dimana saja kita memberikan foto profil kita.

 3.       Mengubah password secara berkala

Mungkin informasi yang menyarankan kita untuk selalu sering mengupdate password di internet sudah terlalu sering kita jumpai. Ini berarti kita harus jeli dengan masalah keamanan user login yang kita miliki agar nantinya orang tidak dengan mudah memasukinya. Seperti pengkombinasian angka, huruf dan juga symbol, jangan pernah sekali-kali membuat password yang berhubungan dengan kepribadian kita misalnya makanan favorit, band favorit, atau tanggal lahir kita.

 4.       Penyortiran gambar atau avatar

Mungkin saat ini kita Jangan posting gambar yang tidak tepat secara seksual atau bersifat provokatif, ini nantinya bisa saja akan mengundang kontroversi. Memposting avatar dengan gaya yang sekiranya mengundang kontroversial ini mungkin kita anggap sebagai lelucon, karena kita belum tahu dampak nanti kedepannya. Namun untuk lebih berhati-hati kita harus juga bisa menyortir mana informasi yang perlu di publish dan disimpan.

 5.       Mempelajari tentang hak cipta

Kita harus mengetahui tentang perundang-undangan hak cipta. Mengapa? Ini sangat penting kita pelajari agar nantinya tidak mengundang ke ranah hukum bahwa informasi yang ternyata sudah ada pemiliknya kita publish kembali tanpa seijin pemilik tersebut. Karena mungkin undang-undang hak cipta tersebut tidak hanya kepemilikan sebuah produk namun sebuah karya di dunia mayapun ada hak ciptanya. Jadi mungkin kita jangan sampai mengcopas artikel dari manapun. Jika memang harus menggunakan artikel tersebut, paling tidak kita harus mencantumkan sumber yang jelas.

Infromasi di dunia internet akan berkembang dengan cepat, jangan sampai kita lengah sedikitpun terhadapnya. Pikirkan dulu sebelum memposting di Internet. :D

*Sumber Gambar : Google

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>