mainlogo

Lebih Cepat dari Chrome? Firefox Quantum !!

Siapa sih yang nggak kenal Mozilla Firefox? Ya, Mozilla Firefox merupakan salah satu browser andalan yang sering kita pakai sehari-hari. Tetapi tahukah kamu kalau nama asli dari Mozilla Firefox? Nama asli dari Mozilla Firefox adalah Phoenix kemudian dikenal sebagai Mozilla Firebird. Mozilla Firefox merupakan peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar).

Versi paling baru dari Mozilla Firefox saat ini diberi nama Firefox Quantum dengan seri 57.0 yang dirilis 14 November 2017 lalu, dan dapat didownload secara gratis melalui website resmi Mozilla Firefox. Nah, apa sih keunggulan yang dimiliki Firefox Quantum ini?

Firefox Quantum memiliki beberapa fitur yang dapat dikatakan lebih baik dari yang versi sebelumnya, ini terlihat mulai dari sisi tampilan yang terlihat sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Firefox Quantum datang dengan tampilan desain baru dengan block tab yang cukup panjang di atas. Di tengah browser terdapat link dari beberapa web yang sering dikunjungi.

Tool baru yang dimiliki Firefox Quantum adalah Firefox Screenshots, tool ini dapat memudahkan kita untuk mengambil dan menyimpan gambar dari layar browser.

Selain itu Firefox Quantum juga dapat mempercepat proses browsing. Bahkan sampai dua kali lipat dari versi sebelumnya, hal ini seperti yang dikemukakan oleh Digital Trends “lebih cepat dan lebih minimalis.”

 

Tampilan awal Firefox Quantum

Selain lebih cepat Firefox Quantum juga mengonsumsi RAM yang sedikit bahkan hingga 30% dari Chrome. Hal ini tentu sangat membantu kinerja kita saat kita membuka banyak tab maka tidak akan terjadi yang namanya lag. Apalagi jika perangkat yang kita gunakan memiliki spesifikasi yang pas-pasan tentu update-an terbaru ini sangat berguna.

Salah satu hasil rendahnya penggunaan memori adalah semakin banyak halaman maka dapat lebih cepat dan beroperasi disaat yang sama. Pengembang Mozilla, Dietrich Ayala bahkan berkata bahwa Firefox Quantum mampu membuka hampir 1.700 tab browser terpisah hanya dalam 15 detik.

Firefox Quantum juga memiliki fitur private browsing yang akan memblokir iklan yang ada dan tidak akan menyimpan history.

Firefox telah menggunakan Yahoo sebagai default search engine di Mozilla Firefox. Tetapi hal tersebut berakhir ketika Firefox Quantum rilis. Mozilla memutuskan untuk menggunakan mesin pencari Google sebagai default search engine di Firefox Quantum.

Mozilla mengatakan browser Quantum adalah hasil studi tentang bagaimana orang menggunakan web saat ini. “Kami melihat perangkat keras dunia nyata untuk membuat Firefox terlihat hebat pada tampilan apapun, dan kami memastikan bahwa Firefox terlihat dan berfungsi seperti Firefox terlepas dari perangkat yang Anda gunakan,” Mozilla menjelaskan dalam sebuah posting blog.

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Firefox Quantum. Setelah mengetahui beberapa kelebihan yang diberikan Firefox Quantum, tertarik untuk mencoba Firefox Quantum?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>