Kunjungan Internet Club ke Suara Merdeka

Rabu (5/5) UKM Internet Club mengadakan kunjungan redaksi ke Harian Suara Merdeka yang terletak di jalan Kaligawe, Semarang. Rombongan yang berjumlah kurang lebih 45 anggota disambut oleh Pak Ali selaku staff IT harian Suara Merdeka. Tujuan dari kunjungan ini adalah menjalin silaturrahmi sekaligus ingin menambah masukan bagi perkembangan majalah Cyber Media serta mengetahui proses produksi surat kabar. Cyber Media adalah majalah bulanan yang diproduksi oleh Internet Club guna memenuhi kebutuhan informasi Mahasiswa Unisbank khususnya dan masyrakat luas pada umumnya.

Pak Ali menuturkan dalam menerbitkan suatu media atau majalah yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari penerbitan produk itu, kemudian audience atau sasaran target pembaca serta sifat dari produk itu sendiri. Sifat produk yang dimaksud yakni bersifat informatif atau referensi. Produk yang bersifat informatif yakni berita yang bersifat sekali pakai setelah dibaca di’buang’, contohnya berita yang menginformasikan suatu kejadian. Sedangkan yang bersifat referensi yakni mengupas detil suatu informasi atau berita yang nantinya dapat dijadikan bahan referensi pembaca selanjutnya.

Pengalaman memperkuat nilai sebuah tulisan, tambah Pak Ali. Nilai suatu tulisan dapat diperoleh dengan seringnya menuliskan sebuah berita atau informasi. Jadi dengan sering menulis selain menambah jam terbang juga memperkuat nilai dari tulisan.

Dalam redaksi hendaknya memiliki suatu frame atau aturan dalam menjalankan sistem, antara lain: Idealnya dimiliki oleh orang yang menguasai serta perlunya kaderisasi agar suatu sistem tidak terputus dan tetap dinamis. Kendala yang muncul saat pergantian personal adalah terjadi perubahan personal dan struktural yang berdampak penyesuaian sistem yang telah ada sebelumnya.

Setelah dialog singkat, rombongan diajak Pak Ali melihat ruang kerja serta proses produksi surat kabar. Diruangan pra produksi, dijelaskan bagaimana sebuah berita sampai ketangan editor yang kemudian diserahkan ke masing-masing rubrik bagian hingga proses layout. Rombongan dibuat takjub dengan proses pencetakan surat kabar. Bermula dari gulungan kertas kosong panjang yang kemudian menjadi koran yang siap untuk dibaca.

Kemudian dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata oleh perwakilan masing-masing.

Terima Kasih kepada Harian Suara Merdeka yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengintip proses produksi, semoga kunjungan silaturahmi ini bermanfaat. Amin.

Biarkan foto yang bicara. :D

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>