satoe atap

Komunitas Satoe Atap

Pada tanggal 18 Januari 2017, Komunitas Internat Club mengadakan kunjungan di Komunitas Satoe Atap. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk membagikan keceriaan, ilmu dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi kepada komunitas-komunitas yang ada di kota semarang. Komunitas Satoe Atap sendiri adalah sayang itoe asli tanpa pamrih (satoe atap), yang menaungi anak-anak jalanan di kota semarang dan memberi pedidikan kepada mereka secara cuma cuma. Karena keprihatinan melihat banyaknya anak jalanan yang tak bersekolah. Hingga saat ini terdapat kurang lebih 35 anak yang belajar di dalam kelas, Adik-adik tersebut mencakup berbagai umur yang terdiri dari anak belum bersekolah,SD hingga SMP. Komunitas yang berdiri pada 12 April 2007 ini awalnya dimulai dari sekumpulan mahasiswa undip peleburan, seiring bergantinya waktu beberapa universitas mulai bergabung diantaranya IKIP, Unnes, Udinus, Unika, STIEPARI, Poltekkes, Polines, Unisula, Unisbank. Kita pun dari Internet Club mencoba untuk mengikuti kegiatan di Komunitas Satoe Atap

kegiatan satoe atap

Berbagai kegiatan bermanfaat telah dilaksanakan komunitas ini, terutama untuk mendidik adik-adik penerus genarasi bangsa . Kegiatan  rutin yang di lakukan yaitu Belajar bareng dan diadakan seminggu dua kali setiap hari Selasa (bertempat di Balai Kelurahan Seroja, belakang Hotel Horison Simpang Lima) dan Rabu (bertempat Tanggul, Wisma Moerdiningsih Jln. Kelinci no 215 Kelurahan Pandea, Lamper-Semarang).

kegiatan

Banyak yang datang dan mengikuti kegiatan yang ada dikelas, dari berbagai kalangan dan komunitas satoe atap sendiri selalu menerima  muridnya tanpa memandang baik latar belakang mereka maupun cara berpakaian mereka. Mungkin kelas satoe atap ini berbeda dari kelas-kelas pada umumnya, baik cara berpakaian mereka yang tak berseragam dan cara bicara mereka.Ini memang hal baru bagi kami, dimana biasanya kami mengajarkan adik-adik yang berpakaian seragam sekolah dan bahkan bapak/ibu yang berpakaian rapi. Ini merupakan pengalaman sekaligus tentangan bagi kami untuk tetap berbagi ilmu kepada siapapun tanpa pandang bulu siapa yang kami ajar.

Memang tidak mudah untuk ikut membaur dengan adik-adik di kelas satoe atap, mungkin bagi mereka wajah kami masih asing, sehingga mereka masih takut untuk dekat kami dan belajar dengan kami. Canda tawa serta kebahagiaan terpancar dari raut wajah mereka yang membuat kami bersemangat untuk membagikan ilmu kepada mereka.Tidak hanya memberikan pembelajaran,  kita juga ikut bermain bersama mereka dan bercerita bersama. Kebersamaan dengan mereka membuat kita merasa ikut membaur menjadi satu layaknya keluarga.

“Banyak ilmu yang kami ajarkan dari belajar menggambar, membaca, sampai pelajaran ipa hingga matematika.”

Harapan kami, semoga sharing dari kami dapat bermanfaat bagi adik-adik  yang belajar di kelas satoe atap. Dan terima kasih kepada pihak komunitas satoe atap karena telah memberikan kesempatan kepada kami untuk merasakan indahnya  berbagi bersama adik-adik.

Buat kalian yang mau mengikuti informasi lengkapnya tentang Komunitas Satoe Atap, bisa lihat sosmed mereka:

Facebook https://www.facebook.com/satoeatap/

Twitter https://twitter.com/satoeatap

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>