INTERNET GOES TO SCHOOL GURU-GURU AGAMA PGRI SE-KOTA SEMARANG

Internet club dalam kegiatan Internet Goes to Scholl (IG2S) yang bekerja sama dengan telkom. Kali ini peserta dari Guru-guru Agama PGRI se-kota Semarang yang bertempat di SCC Plasa Matahari lantai V. Pelatihan ini dimulai pukul 14.00 wib  dan diahkiri kurang lebih pukul 16.30 wib dengan jumlah peserta 25 dan dibuka oleh ketua atau perwakilan dari guru agama PGRI se-kota Semarang dan Bapak Kuncoro selaku perwakilan dari pihak Telkom Speedy. Beliau menyampaikan tujuan IG2S ini untuk pentingnya manfaat dari intenet untuk sumber informasi, kususya di bidang pendidikan agar peseta dapat mengerti apa itu internet dan manfaatnya untuk bidang pendidikan.

Pelatihan ini dimulai atau diawali dari pihak Telkom yaitu Bapak Joko, adapun materi yang akan disampaikan yaitu internet dasar mulai dari pengenalan browser beserta toolsnya dilanjut dengan browsing, searching, surffing dan pembuatan account email.

Pak joko mengawali dari materi apa itu internet syarat yang harus digunakan untuk menjalankannya, pengenalan browser, yaitu seperti Mozilla firefox, Opera, IE (Internet explorer), Google Chrome dan tools dari browser itu sendiri kemudian untuk materi selanjutnya diserahkan kepada perwakilan dari UKM IC (InternetClub).

Materi selanjutnya yaitu browsing peserta diajak untuk membuka website yang direkomendasikan oleh instruktur seperti website yang berisi berita-berita di Indonesia yang lagi tenar atau ke website yang berisikan tentang pendidikan di Indonesia, disini peserta mulai menikmati materi yang disampaikan. Peserta juga bertanya tentang website lain yang berisikan informasi tentang hiburan seperti music, pakaian busana dll.

Setelah asyik dengan materi browsing lalu beranjak ke materi searching dan surfing, dimana materi searching ini menjelaskan ke peserta tentang mencari informasi tapi kita tidak tahu alamat website yang berisikan informasi yang kita cari yaitu dengan search engine atau mesin pencari tentunya search engine tidak hanya satu tapi ada beberapa tapi disini kita memberikan search engine Google ( www.google.co.id ) karena mesin pecari ini sering digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia untuk mencari informasi yang dibutuhkan tanpa harus tahu alamt websitenya. Peserta mulai asyik dan menikmati tentang penggunaan internet seperti mencari soal-soal ujian atau masakan bagi yang hobi masak atau bunga, bagi yang mau mencari gambar-gambar yang di inginkan juga tersedia seperti gambar pemandangan. Peserta disini diberi waktu 10 menit untuk surfing “berselancar” didunia maya lewat google.

Setelah asyik dengan surfing peserta diajarkan membuat  account email dengan penyedia alamat email yang ada seperti gmail, yahoomail dll. Dalam pembuatan email ini peserta diwajibkan sabar untuk proses pembuatan email karena banyak diantara peserta yang gagal dalam pembuatan email ( ini sering terjadi pada pemula ) dan kegagalan ini terjadi seperti nama alamat email yang sudah ada, password yang kurang sama, verivikasi kode yang sering salah, tapi dari peserta tetap antusias dan tidak mudah menyerah dalam materi ini. Setelah pembuatan email selesai, peserta mulai belajar menggunakan email dari login ke email sampai membalas email yang telah di terima.

Pelatihan diakhiri dengan ditutup oleh perwakilan dari pihak TELKOM. Semoga pelatihan IG2S yang telah dilaksanakan bisa membawa perubahan yang lebih maju dan berkembang dari dampak gaptek pada semua kalangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>