Internet Goes To HIMPAUDI

Internet merupakan teknologi informasi yang tak dipungkiri sangat bermanfaat bagi segala kalangan untuk mencari informasi terutama bagi pendidik, internet merupakan sebagai media untuk mencari segala materi pembelajaran.

Kali ini tim IG2S berkesempatan untuk sharing internet bersama Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) wilayah kota Semarang. Pelatihan ini diadakan selama 5 hari yaitu tgl 9-10 Mei & 12-14Mei 2011 yang dilaksanakan di R. Siska Telkom pahlawan.

Pada hari pertama pelatihan ini dibuka oleh Bpk. Arief Kurniawan selaku perwakilan dari Telkom dengan menyampaikan produk knowledge seputar Speedy, setelah itu pelatihan pun diambil alih oleh tim ig2s.

Pelatiahan yang dilaksanakan selama tgl 9,10,12,13 Mei dimulai pukul 13.00 – 17.30 wib dengan materi pengenalan internet dasar yang meliputi browsing, surfing, searching, pemanfaatan konten-konten pada google seperti maps, translate, image. Bukan hanya itu saja peserta juga diajarkan cara membuat email atau surat elektronik menggunakan yahoo dan cara penggunaannya seperti mengirim, menerima dan melampirkaan file pada email. Peserta yang mayoritas kaum ibu ini sangat antusias mengikuti pelatihan internet, ini terbukti dengan aktifnya peserta yang bertanya pada sesi tanya jawab. Jumlah peserta tiap pelatihan ada 25 orang  yang meliputi guru-guru TK.

Sedangkan pada tgl 14 mei 2011 pelatihan ini dimulai dari pukul 09.00 hingga 13.00 WIB dengan materi Blog dan MIlis. Pelatiahan yang diikuti oleh 20 guru ini berjalan dengan lancer tanpa kendala. Peserta dituntun secara perlahan bagaiman cara mendaftar di blog, blog yang digunakan adalah blogspot karena user interfacenya yang dikenal mudah digunakan bagi pemula ketimbang wordpres. Selain itu peserta juga dijelaskan cara melakukan posting, merubah template blog, hingga cara menambahkan widget sehingga menarik untuk dikunjungi. Tidak itu saja peserta pun diajak untuk membuat milis atau mailing list, dari cara mendaftar, mengundang teman untuk bergabung hingga membuat postingan diskusi. Peserta sangat tertarik dengan ilmu baru yang telah diterima, ini terbukti karena banyak peserta yang menginginkan adanya kelanjutan dari pelatihan internet ini. Apa yang telah kami lakukan ini sebagai wujud pengabdian kami tim IG2S pada masyarakat dalam memajukan bangsa dengan mambantu mendorong masyarakat untuk melek internet :) :) :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>