INTENET GOES TO SCHOOL GURU-GURU SD SEMARANG BARAT

Internet Goes to School kali ini dilaksanakan di SCC Plasa Simpang Lima dengan peserta adalah Persekutuan Guru-guru SD Semarang Barat. Pelatihan ini di mulai pukul 14.00 WIB dengan di buka oleh kepala sekolah dan Bp. Kuncoro selaku perwakilan dari pihak Telkom-Speedy. Beliau menyampaikan agar para guru mampu mengikuti pelatihan dasar internet secara maksimal, sehingga mampu menambah referensi materi pembelajaran dalam belajar mengajar. Pelatihan pun dimulai,yang dipimpin oleh salah satu instruktur dari UKM Internet Club Unisbank.  Adapun materi yang di ajarkan adalah internet basic yang meliputi dari pengenalan arti internet itu sendiri, lalu bagaimana cara menghubungkan PC/laptop sehingga terhubung dengan internet. Bukan hanya itu saja instruktur juga mengenalkan tools-tools browser yang akan digunakan, browser yang digunakan saat pelatihan adalah Mozilla Firefox lalu peserta mulai masuk ke dalam materi inti. Materi pertama yaitu pengenalan browsing,peserta diajak untuk mengunjungi website yang tentunya kita sudah mengetahui alamat website yang akan dikunjungi. Para guru pun mulai asyik mengunjungi beberapa alamat website yang di rekomendasikan oleh instruktur dan secara tidak langsung peserta juga mulai “berselancar” menjelajahi isi web.

Setelah peserta “bermain” browsing, mereka mulai dikenalkan dengan Searching sebagai materi kedua. Searching adalah pencarian website dengan bantuan mesin pencari. Mesin pencari yang digunakan antara lain google.com,  bing.com, dan lain-lain. di sesi inilah para guru mulai asyik mencari materi pembelajaran. Materi ketiga para guru diajarkan cara membuat email. Di sesi inilah beberapa guru harus ekstra sabar karena dalam pembuatan email sering kali gagal hal ini tergantung amal dan ibadah masing-masing…hehehe just kidding! Dalam pembuatan email sering kali gagal dikarenakan dalam pengisian form peserta kurang teliti. terbukti dari 20 guru-guru SD Semarang Barat hanya 11 guru yang berhasil membuat email,hmm…ternyata guru-guru SD ini gag mau ketinggalan juga, beliau-beliau pun menuntun instruktur untuk mengajari bagaimana cara bergabung di Facebook *mentang-mentang uda punya email nih *. karena wakktunya yang terbatas peserta pun hanya dikenalkan hingga cara mendaftar di Facebook. Peserta sangat antusias dengan pelatihan internet semacam ini,terbukti beberapa guru mengusulkan agar diadakan pelatihan semacam ini secara berkelanjutan. ya semoga dari pelatihan ini akan memmbawa perubahan ke arah positif khususnya di bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>