Ikatan Guru Tk Muslimat NU belajar Internet

Di era serba digital ini, teknologi memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih hampir segala roda kehidupan manusia dibantu dengan mesin-mesin teknologi. Oleh karena itu pula manusia pun dituntut untuk selalu update dengan segala macam perkembangan teknologi seperti internet terlebih bagi para pendidik. Pendidik dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu agar dapat diajarkan kembali pada anak didiknya.

Tim Ig2s kali ini berkesempatan untuk saling berbagi pengetahuan kepada para ibu – ibu guru Tk yang tergabung dalam Ikatan Guru Tk Muslimat Nahdlatul Ulama selama 2 hari yaitu 13-14Juni kemarin di Ruang Siska Telkom Regional. Pelatihan yang diikuti oleh 15 guru ini dimulai pukul 13.00 ini dimulai dengan perkenalan dari instruktur dan asisten terlebih dahulu. Hampir seluruh peserta masih sangat awam dengan komputer, sehingga instruktur harus mengenalkan dari dasar perangkat-perangkat penting dari komputer seperti keyboard, mouse, layar, dan cpu. Selain itu instruktur juga membimbing secara perlahan kegunaan beberapa tombol pada keyboard seperti enter, backspace,capslock, dan lain-lain. Seteleh itu peserta pun diajak untuk mengenalkan internet, manfaat serta cara penggunaan internet itu sendiri. Instruktur pun mulai berbagi informasi seputar dunia internet seperti browsing (berjelajah), searching(mencari), surfing(berselancar) pada dunia “maya”.

Sedangkan pada hari kedua peserta diajak untuk membuat email. Setelah peserta membuat email, instruktur pun menjelaskan bagaimana cara pemanfaatan dan penggunaan email itu sendiri, seperti kirim email, tulis email, melampirkan file serta cara membuka email masuk.

Selama 2hari berturut-turut peserta sangat menikmati pelatihan internet ini, beliau-beliau sangat senang bisa menggunakan komputer untuk mengakses internet. Bahkan mereka meminta untuk mengadakan pelatihan lagi namun dengan materi yang berbeda seperti Word dan Excel :) . Wah semoga sarannya bisa kami lakukan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>