DISKUSI MAHASISWA PROPINSI JAWA TENGAH (Part II)

Tanggal 27 Oktober 2009 Dinas Pendidikan Kota Semarang bekerja sama dengan 5 Perguruan Tinggi di Jawa Tengah melanjutkan diskusi yang sebelumnya telah dilaksanakan di kampus Universitas Stikubak Semarang. Kali ini Diknas Jateng memilih tempat di Kudus, yaitu Universitas Muria Kudus ( UMK ).

Diskusi kali ini tiap Universitas mengambil tema yang berbeda dari sebelumnya, yaitu  Universitas Diponegoro yang mengambil tema “Pentingnya Entreprenuer Bagi Mahasiswa”, tema ini menerangkan tentang mahasiswa yang dapat memanfaatkan peluang berbisnis atau yang biasa disebutu entreprenuer, dengan belajar berwiraswasta diharapkan dapat melatih kemandirian mahasiswa itu sendiri, sehingga ketika lulus kelak mahasiswa tidak tergantung dengan sibuk metncari lapangan pekerjaan, melainkan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Selanjutnya ada Universitas Semarang dengan tema “Pendidikan Kesehatan Reproduksi”, diskusi ini berjalan sangat seru. Karena antusisame mahasiswa cukup tinggi. Tema ini menjabarkan tentang pentingnya pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Diharapkan engan diangkatnya diskusi ini, para mahasiswa dapat mengetahui tentang kesehatan reproduksi remaja, sehingga nantinya tidak ada lagi kasus – kasus yang berhubungan denagn seks bebas, diantaranya hamil diluar nikah.
Sedangkan untuk tuan rumah sendiri, yaitu Universitas Muria Kudus membahas tentang “Tanggung Jawab Perusahaan di Dunia Pendidikan”, tema ini menerangkan tentang tangung jawab sosial perusahaan – perusahaan di dunia pendidikan. Banyak putra – putri bangsa yang memiliki potensi besar, namun terhalang oleh dana pendidikan saat ini. Sehingga hal ini juga menjadi tanggung jawab perusahaan, atau yang sering disebut dengan CSR ( Corporate Social Responsibility ).

Selanjutnya Universitas 17 Agustus1945 Semarang mengambil judul “Implementasi Nilai Pancasila di Era Globalisasi”, diskusi ini membahas tentang mengimplementasikan nilai – nilai luhur pancasila dalam derasnya arus globalisasi seperti saat sekarang.

Terakhir, Universitas Stikubank Semarang  sendiri memilih diskusi dengan judul “Menakar Dampak Positif dan Negatif Pengaruh Internet Terhadap Dunia Pendidikan”. Sekarang ini, internet sudah menjadi bagian hidup. Internet dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua, di satu sisi internet dapat sangat membantu penggunanya. Namun di sisi lain, internet dapat merugikan penggunanya dikarenakan ‘ulah’ sebagian orang yang tidak bertanggung jawab. Maka internet perlu pengawasan yang cukup ketat dalalm penggunaanya terutama di dalam dunia pendidikan.

Acara diskusi dimulai pukul 09.00 pagi dan berakhir pukul 16.00 sore. Diskusi ini juga diliput oleh stasiun TV lokal yaitu Cakra Semarang TV, disiarkan secara langsung oleh Radio UMK Kudus, dan diliput juga oleh beberapa media cetak lokal.

Semoga dengan diadakannya diskusi ini, dapat menambah ilmu dan pengetahuan bagi seluruh peserta, dalam hal ini adalah para mahasiswa 5 Pergurusn Tinggi di Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>