komik

DEFINISI KOMIK

Sudah tidak asing lagi bagi banyak orang mengenai komik, sebagian orang mendefinisikan komik yaitu sebagai cerita bergambar. Disini akan lebih diperjelas lagi mengenai definisi komik. Komik adalah sebuah cerita yang bergambar dan dinarasikan melalui kotak yang disebut panel. Jika menggunakan dialog, maka biasanya dialog digunakan di dalam balon komik yang dihubungkan oleh karakter yang melakukan dialog.

Komik pertama kali populer ketika muncul di koran-koran, biasanya mencertitakan lelucon-lelucon hanya dengan sedikit panel. Dan sebelum ada cerita bergambar di dalam panel, koran-koran sudah terlebih dahulu membuat karikatur yang merupakan awal-awal dari komik. Sebenarnya apabila diperhatikan, komik sudah ada dari jaman dulu ketika manusia purba melakukan dokumentasi dengan gambar-gambar di goa-goa.

JENIS-JENIS KOMIK

  1.  Novel grafis adalah sebuah komik yang mempunyai tema lebih serius, karena dulu biasanya komik hanya menceritakan cerita konyol dan lelucon dengan panel sedikit. Pada zaman sekarang, sudah banyak komik yang bertema serius sehingga penggunaan istilah novel grafis menjadi agak kabur.
  2. Manga adalah komik jepang, pada umumnya penggambaran karakternya biasanya menggunakan mata besar dan juga kebanyakkan dalam format hitam putih. Cerita-cerita manga sebelum dikumpulkan menjadi 1 volume yang disebut tankoubon, pada umumnya diterbitkan dulu di majalah komik secara per chapter, Manga yang sangat populer sekali yaitu, one piece dan naruto. komik jepang ditangani oleh orang yang sama dari awal hingga akhir. Tim kreatif terdiri dari penulis dan artis, penulis menangani cerita dan artis menangani gambar,

Jenis-jenis manga:
1.Shounen – komik untuk laki-laki, biasanya komik jenis ini yang paling berhasil menjadi populer di dunia.
2.Shoujo – komik untuk perempuan, biasanya bertema superheroine dan romance
3.Seinen – komik untuk orang dewasa, temanya lebih serius dan biasanya lebih vulgar.

  1.  Komik Amerika adalah komik yang bertanggung jawab dengan adanya istilah “Superhero” karena judul-judul yang terkenal biasanya komik yang bertema pahlawan super atau superhero.karakter-karakter yang popular antara lain seperti Superman, Batman, Spiderman, Captain America dan The Hulk.

komik amerika

  1. Komik amerika sangat khas dengan gambarnya dan ceritanya yang tetap berlanjut dengan kontinuitas (umumnya komik superhero) dan setiap bagian cerita dikerjakan oleh tim kreatif yang berbeda sehingga sering menemukan gaya gambar yang berbeda walaupun judul yang sama, rotasi tim kreatif juga merupakan hal yg khas dari komik amerika.
    Salah satu hal yang paling menarik dari komik amerika adalah adanya crossover, yaitu ketika karakter dari judul yg berbeda bergabung dalam 1 komik, ada juga yang disebut mega crossover yaitu ketika banyak sekali karakter bergabung dalam arc cerita yang sama dan biasanya cerita dari mega crossover akan memberikan efek ke kontinuitas komiknya ke depan. Format penerbitan biasanya dirilis per chapter dengan penomoran dan kemudian ketika arc cerita itu selesain akan dikumpulkan dan diterbitkan ulang dengan nama trade paper back.
  1. Komik Eropa sempat menjadi raja di Indonesia, yang mengisi masa kecil mayoritas yang besar di tahun 80an dan awal 90an. Gaya gambar mereka cukup khas ada yang menggunakan teknik gambar realistik yaitu seperti lukisan yang realis seperti manusia pada umumnya, biasanya digunakan pada komik yang bertema petualangan aksi dan sains fiksi, ada juga yang menggunakan gaya comik dinamis, menggambar karakter seperti kartun tetapi banyak menggunakan garis-garis bantu untuk menggambarkan gerakan yang dilakukan oleh karakter.
  1. Komik Indonesia pada umumnya menggambarkan mengenai budaya ataupun kebiasaan penduduk Indonesia sendiri. Akan tetapi, Seperti yang biasa kita lihat di bagian komik toko buku terkemuka komik-komik jepang masih menjadi raja di dunia komik kita dan ada beberapa komikus lokal yang menggunakan gaya manga untuk mengerjakan karyanya.

PENENTUAN ISI CERITA

Ide cerita sebenarnya bisa kita dapatkan di mana saja dan kapan saja. Misalnya saat kita berada di dalam bus atau di dalam kereta api, saat kita duduk santai, saat sedang makan. Mencari sebuah Ide cerita bisa kita awali dengan apa yang kita suka atau apa Hobby kita. Contoh, hobby saya bermain basket jadi saya bisa membuat sebuah ide cerita tentang basket. Kemudian selain itu, ide cerita bisa kita dapatkan melalui kegiatan kita sehari-hari atau apa yang kita lihat sehari-hari.

Mungkin hal yang paling penting dalam sebuah ide cerita adalah Pesan dan Tujuan. Sebuah cerita harus ada Pesan dan Tujuan jangan sampai cerita tersebut berputar-putar. Hal lain tulislah semua Ide cerita yang ada dipikiran dan Simpan untuk waktu yang lama, karena apabila kamu buka lagi dan pasti akan muncul ide-ide baru.

MENENTUKAN KARAKTER PERAN

menentukan karakter peran

Diantaranya dalam isi komik yaitu ;

Judul Komik:
Premis:
Log-Line:
Nama Karakter:
Gender:
Tempat/tanggal lahir/umur:
Asal-usul singkat: misalnya lahir yatim piatu, lalu belajar beladiri sejak kecil, dsb
Hobby/Kemampuan khusus: misalnya pandai mengoperasikan komputer
Sifat: ini akan mempengaruhi pose dan tingkah laku si karakter.
Kelemahan: misalnya takut gelap, bisa dijadikan bahan di ceritanya nanti.
Kelebihan: misalnya menghitung cepat, juga bisa jadi cara dia mengatasi masalah
Sesuatu yang bisa menjadi ciri visual: bisa bentuk badan, wajah, rambut, pose, emblem/logo, senjata, kostum, dsb.
PERALATAN MEMBUAT KOMIK

  1. Kertas HVS

Kertas, merupakan paling dibutuhkan karna menggambar tanpa kertas itu tidak mungkin kan. Untuk mangaka/komikus pro biasanya menggunakan kertas ukuran B4 atau kertas khusus. Akan tetapi tidak ada salahnya menggunakan kertas ukuran A4 saja.

  1. Pensil

Pensil, ini juga benda yang paling dibutuhkan dalam membuat komik. Pensil digunakan untuk membaut sketsa sebelum kamu membuat Line, dalam membuat sketsa dengan pensil kamu bisa menggunakan pensil mekanik (lebih tipis) atau pensil HB (kenapa HB ?, karna lebih mudah di hapus dari pada 2b).

  1. Penghapus

Dimana ada Pensil disitu ada penghapus, itu karna mereka saling membutuhkan. Kalo penghapus bisa pakai penghapus apa saja.

  1. Penggaris

Penggaris juga salah satu benda yang dibutuhkan dalam membuat komik. Terutama dalam membuat Background kota.

  1. Pulpen

Pulpen biasa digunakan untuk membantu membuat lineart. Untuk pulpen baiknya menggunakan pulpen Joyko, karna warnanya hitam terang

  1. Drawing Pen

Inilah senjata andalan para Komikus indonesia. Drawing pen, digunakan untuk membuat Line Art. Mempunyai berbagai macam ukuran.

  1. G-pen, Maru-pen, Saji-pen

Ini juga salah satu senjata andalan para komikus indonesia dan mangaka jepang. G-pen, Saji-pen, Maru-pen (Kiri-kanan), beda jenis beda juga hasil goresannya. Jangan lupa  untuk membeli Pen holdernya juga,karena terjual terpisah dengan mata pennya.

  1. Kuas + Tinta Hitam

Kuas dan Tinta digunakan untuk Inking. Tinta hitam kamu bisa menggunakan Tinta Cina, untuk kuas, kamu beli kuas berukuran kecil atau berbagai macam ukuran.

  1. Tinta Putih

Tinta Putih Digunakan untuk membuat highlight dan menghapus bagian yang keluar garis. Akan tetapi ini tidak harus, untuk membuat highlight dan menghapus bagian yang keluar itu bisa dilakukan saat diedit di Photoshop atau software lain.

  1. Pensil Warna

Tapi kebanyakan orang sudah mewarnai secara digital. Tapi kalau kamu mau mewarnai secara tradisional kamu bisa membeli pensil warna Faber Castle.

  1. Tracing Table

Tracing Table yang selalu di pakai oleh komikus dan ilustrator. Tapi ini tidak wajib, karna harganya juga mahal. Tapi jangan bersedih, kamu bisa membuatnya sendiri dengan modal meja, kaca, dan lampu + imajinasi kamu sendiri.

  1. Scanner

Dan ini lah yang terakhir. Scanner, ini untuk men-Scan hasil komik kamu yang nantinya untuk di perbagus dengan photoshop atau software lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>