Cermat dalam ber-Internet

Teknologi internet yang selain mampu menciptakan dampak positif untuk penggunannya, juga dapat menyebarkan virus negative terhadap penggunannya juga. Untuk menanggulangi berbagai macam dampak negative tersebut sebenarnya banyak cara, namun sayangnya masyarakat yang sebagai pengguna internet belum cukup mengerti untuk bagaimana caranya agar berinternet tetap nyaman dan aman.

Pernah mendengar istilah surfing di Internet? Pasti istilah ini sudah tidak jarang kita temui, mungkin sebagian sudah ada yang mengerti namun tidak semuanya. surfing dalam internet adalah adalah hampir sama seperti browsing (menjelajah) mencari atau membuka informasi di internet. Apa saja yang kita lakukan untuk melihat informasi diadalam internet, itulah yang dinamakan dengan surfing. Namun pasalnya kelemahan dari teknologi internet itu mampu membaca jejak seseorang yang pernah singgah disuatu website, dan ini dimanfaatkan oleh para hacker/cracker untuk mencari jejak orang-orang yang telah melakukan surfing di internet untuk mendapatkan data-data pribadi seseorang yang telah sempat diinputkan di internet.

Akan tetapi kejahatan di dunia internet atau yang lebih dikenal dengan istilah cyber crime, khususnya pada saat kita sedang surfing masih bisa di cegah, yang paling penting adalah kita bisa memilah-milah mana data-data pribadi yang sekiranya masih sangat berharga untuk diketahui oleh orang banyak. Berikut adalah beberapa contoh informasi pribadi yang seharusnya tidak perlu di publish di Internet:

  • Nama Lengkap : Jangan terlalu polos untuk memberikan data berupa Nama Lengkap kita pada form apa saja yang ada di Internet.
  • Alamat Rumah : Agar informasi yang kita berikan dapat mudah dikenal oleh pembaca biasanya kita memberikan alamat rumah kita secara lengkap, mungkin setidaknya orang akan tahu bahwa kita berlaku professional. Namun sisi negatifnya orang-orang yang seharusnya tidak perlu tahu alamat rumah kita, sekarang malah jadi tahu.
  • Nomor Telepon : Disarankan agar tidak selalu memberikan nomor-nomor pribadi kita pada internet, sangat riskan.
  • Nama anggota keluarga : Jika kita masih sayang dengan keluarga kita, sebaiknya minimalisir atau bisa jangan sampai untuk mempublish data keluarga kita di internet.
  • Password : Jaga selalu kerahasiaan data privacy seperti password.
  • Nomor kartu kredit : Jangan sampai aset keuangan yang kita miliki terkuras oleh pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga.

Itu adalah beberapa contoh hal-hal sederhana yang sering kita lakukan di internet. Mungkin kita melakukannya dengan secara tidak sengaja, lengah dan tidak teliti untuk memberikan data-data penting yang pada akhirnya kita tidak tahu bahwa semua nantinya hal tersebut malah bisa menjadi boomerang buat kita.

“Keep for smart surfing”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>