Cara Untuk Mereset Password Root Pada MySQL di Linux Ubuntu

Setelah sempat salah satu admin Internet Club salah kasih password root dari mysql komputer server-nya IC, maklum langsung copy paste dari panduannya, wah sempet dibuat bingung juga nih gara-gara salah kasih password tu mysql.

Sempet chit-chat ama mas yogie, trus dikasih modul yang modal-madul untuk ngereset tu password, kemudian setelah dicoba malah gagal gara-gara ikut tu modul, akhirnya langsung aja ke web officialnya MySQL.

Caranya gimana :

1. Buka dulu konsole trus,masuk sebagai user root dengan perintah

$sudo su

password:(masukkan password root disini)

#(bila tanda $ sudah berganti menjadi tanda # maka sudah masuk sebagai user root)

2. Matikan dulu program MySQL-nya dengan perintah

#/etc/init.d/mysql stop

setelah ada keterangan bahwa mysqlnya stop bisa dilanjut

3. Hidupkan mysql safe mode dengan perintah

#mysqld_safe –skip-grant-tables –user=root

(kalo kurang jelas baca bawah ini,yang dikurung hanya sebagai tanda)

#mysqld_safe(spasi)–skip-grant-tables(spasi)–user=root

oh iya, itu tanda dash (-) nya dobel ya..

root@****:/home/******# mysqld_safe –skip-grant-tables –user=root

Starting mysqld daemon with databases from /var/lib/mysql

mysqld_safe[9036]: started

4. Setelah muncul tulisan seperti di atas buka konsole baru, biarkan konsole yang lama

5. Pada konsole baru ketik

#mysql -u root

(bila tanda # maka sudah masuk ke user root)

6. Setelah mengetik di atas maka # akan berganti dengan mysql>

7. Setelah itu ketik dibawah ini untuk mengganti password root dari mySQL:

UPDATE mysql.user SET Password=PASSWORD(‘newpwd’)WHERE User=’root';

(kalo kurang jelas baca bawah ini,yang dikurung hanya sebagai tanda)

UPDATE(spasi)mysql.user(spasi)SET(spasi)Password=PASSWORD(‘newpwd’)WHERE(spasi)User=’root';

ganti tulisan “newpwd” dengan password anda.

8. Setelah itu ketik exit untuk keluar dari mysql, kemudian tutup konsole yang lama.

9. Buka konsole baru restart mysql dengan perintah

#/etc/init.d/mysql restart

Cukup tutorialnya semoga tambah pusing, untuk tutorial yang asli ada disini (versi bahasa inggris tentunya)

3 thoughts on “Cara Untuk Mereset Password Root Pada MySQL di Linux Ubuntu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>