Android Appsaver "Backup Aplikasimu, Share Aplikasimu!!"

Bagi pengguna android, Android Market atau yang sekarang sudah berevolusi menjadi Google Play adalah salah satu penyedia atau sumber penyedia berbagai macam aplikasi untuk android. Penggunaannya juga cukup mudah, tinggal pilih aplikasi yang ingin diinstal, lalu dengan otomatis aplikasi tersebut akan  terinstall di android kita.

Namun terkadang muncul pertanyaan, apakah bisa aplikasi yang kita install di android kita, kita bagikan ke sesama pengguna android yang lainnya? . Karena apabila kita mengunduh aplikasi dari Google Play, aplikasi tersebut hanya akan terinstall di android kita, tetapi tidak menyimpan file master (mentahan) yang nantinya bisa di install dan dibagikan ke pengguna android yang lain.

Nah, disini saya akan mengeshare bagaimana caranya supaya kita bisa menyimpan file master dari aplikasi android yang kita unduh dari google play. Kita juga bisa membagikan aplikasi tersebut ke pengguna android yang lainnya. Berikut adalah bumbu-bumbu yang diperlukan:

  • Handphone/Tablet atau apa saja yang bersistem operasi android
  • Aplikasi Appsaver
  • File manager (Astro, X-plore, dan sebagainya)

 

Langkah-langkahnya:

  • Unduh dan Install aplikasi appsaver ke android kalian (Unduh dari google play/link yang saya sediakan dibawah)

Photobucket

  • Buka Appsaver lalu pilih aplikasi yang akan dibackup atau yang akan dijadikan file installer, lalu klik tombol backup, tunggu hingga proses selesai

Photobucket

  • Jika proses selesai, kita cek menggunakan file explorer apakah aplikasi tersebut sudah terbackup di MMC kita.
  • Buka File Explorer (disini saya menggunakan X-plore) lalu di cek di folder   /sdcard/appsaver . Jika sudah ada file ber ekstensi *.apk dari aplikasi yang kita backup tadi, berarti proses backup sudah berhasil.

Photobucket

  • Untuk mengeshare/membagikan aplikasi yang kita backup tadi, tinggal check aplikasi yang kita ingin bagikan, lalu klik dan tahan hingga muncul pilihan opsi, lalu pilih share. Disitu kita bisa mengeshare melalui bluetooth atau  melalui aplikasi yang menyediakan layanan sharing.

Photobucket

Selamat Mencoba dan Semoga Tutorial yang sederhana ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya :)

Link Download:

Appsaver

QR Code:

qrcode

X-Plore File Manager

QR Code:

qrcode

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>