firebase

APA ITU FIREBASE ?

Logo Firebase

Logo Firebase

Firebase adalah suatu layanan dari google untuk mempermudah para pengembang-pengembang aplikasi untuk mengembangkan aplikasinya. Firebase(BaaS ‘Backend as a Service’) ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Google untuk mempermudah pekerjaan Developer. Dengan adanya Firebase, apps developer bisa fokus mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan effort yang besar untuk urusan backend.Firebase memiliki beberapa yang disediakan., yaitu :
1. Google Analytic
Analytics menyajikan data seputar perilaku pengguna pada aplikasi Android dan iOS agar Anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik tentang produk dan pengoptimalan pemasaran. Lihat data error, efektivitas notification, performa deep link, data pembelian dalam aplikasi, dan lain-lain.
2. Real-time database
Untuk Menyimpan dan sinkronkan data antara pengguna dan perangkat secara realtime menggunakan database noSQL yang dihosting secara cloud. real-time adalah kondisi pengoperasian dari suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dibatasi oleh rentang waktu dan memiliki tenggat waktu (deadline) yang jelas, relatif terhadap waktu suatu peristiwa atau operasi terjadi, jadi data akan dikirim seketika waktu itu juga.
3. Authentication
Untuk mengelelola pengguna dengan cara yang mudah dan aman. Firebase Auth menawarkan beberapa metode autentikasi, termasuk email/sandi, penyedia pihak ketiga seperti Google atau Facebook, atau langsung menggunakan sistem akun Anda yang sudah ada.
4. Cloud Storage
Untuk menyimpan dan bagikan gambar, audio, video, atau konten lain yang dibuat pengguna secara mudah dengan penyimpanan object yang andal, sederhana, dan hemat biaya yang dikembangkan untuk skala Google.
5. Hosting
Permudah hosting web statis Anda dengan fitur yang dibuat khusus untuk aplikasi web modern. Saat Anda mengupload aset web, kami secara otomatis akan memasukkannya ke CDN global kami, dan memberinya sertifikat SSL gratis, sehingga pengguna Anda akan mendapatkan pengalaman yang aman, andal, berlatensi rendah, di mana pun mereka berada.
Dan masih banyak lagi service lain yang dikembangkan pada Firebase ini.

 

Andrew Lee dan James Tamplin

Andrew Lee dan James Tamplin

Sebenernya Firebase sendiri pertama kali didirikan oleh Andrew Lee dan James Tamplin pada tahun 2011. Produk pertama kali yang dikembangkan oleh mereka adalah Realtime database. Kemudian sekarang sudah berkembang menjadi layanan penyedia pengembangan aplikasi . Pada Oktober 2014, perusahaan tersebut diakusisi oleh Pihak Google, sampai saat ini firebase dikelola oleh pihak google. Google sampai saat ini masih terus mengembangkan layan Firebase tersebut.Hingga pada Mei 2016 Firebase diperkenalkan di Google I/O.

Kenapa kita harus menggunakan Firebase?
Firebase ini sangat bagus untuk digunakan Karena kecepatan nya yang real time dan responsif selain itu firebase ini didukung untuk banyak platform seperti Android, iOS, JavaScript, Java, Objective-C, swift dan Node.js. Data yang disimpan di Firebase ini menggunakan JSON agar mempermudah penggunanya dalam membaca datanya. Firebase ini juga cenderung mudah untuk digunakan karena tampilan website firebase yang user-friendly dan dokumntasi yang cukup mudah untuk dipahami.

Bagaimana begitu menarik bukan Firebase ini? Dimana Firebase sangat cocok bagi kalian para Developer utuk mengembangkan aplikasi yang akan kalian buat. Firebase ini sendiri bisa digunakan secara gratis, tetapi dengan fitur dan kapasitas memori yang terbatas. Jika kalian ingin menambahkan fitur dan kapasitas memori, kalian harus membayar 25$/bulan atau harga sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>